Pengetahuan Dasar Tentang Alga

Alga adalah organisme yang bisa ditemukan di seluruh dunia. Alga memegang peranan yang sangat penting karena mereka membuat banyak oksigen bumi yang diperlukan manusia dan hewan untuk bernafas. Beberapa alga, seperti rumput laut, terlihat seperti tanaman. Namun, alga sebenarnya bukanlah tanaman ataupun hewan. Alga termasuk ke dalam kelompok makhluk hidup yang disebut protista.

AlgaAda sekitar 27.000 spesies yang berbeda dari alga. Mereka paling umum ditemukan hidup di dalam air, seperti lautan, sungai, danau, sungai, kolam, dan rawa-rawa. Beberapa spesies hidup di tanah atau pada daun, kayu, dan batu. Alga bahkan tumbuh pada hewan seperti kura-kura dan beruang kutub.

Alga bisa berwarna hijau, biru, merah, atau coklat. Mereka sangat bervariasi dalam ukurannya. Beberapa spesies sangat kecil hingga hanya dapat dilihat melalui mikroskop. Di sisi lain, alga yang disebut kelp bisa mencapai panjang hingga 60 meter.

Alga berbeda dengan tanaman dalam beberapa cara. Alga tidak memiliki batang atau daun, dan akar mereka berbeda dengan akar tanaman. Alga juga tidak menghasilkan bunga atau biji sebagaimana tanaman. Namun, seperti tanaman, alga membuat makanannya sendiri melalui proses yang disebut fotosintesis. Fotosintesis juga melepaskan oksigen ke udara.

Selain membuat oksigen, alga juga penting untuk alasan lain. Hewan-hewan air seperti paus, anjing laut, ikan, gurita, dan bintang laut menggantungkan makanannya pada alga. Manusia juga makan beberapa jenis alga. Di banyak bagian dunia, petani menggunakan rumput laut sebagai pupuk untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman.

Komentar Anda