Fakta Tentang Dinosaurus Buas Allosaurus

Allosaurus adalah dinosaurus buas yang berkeliaran di bumi sebelum kemunculan Tyrannosaurus rex yang mirip dengannya tetapi lebih terkenal. Nama Allosaurus berarti “kadal yang aneh/berbeda.” Allosaurus adalah anggota dari kelompok dinosaurus yang dikenal sebagai theropoda. Theropoda adalah dinosaurus pemakan daging yang berjalan dengan dua kaki belakang mereka.

AllosaurusAllosaurus hidup sekitar 163 sampai 144 juta tahun yang lalu. Kebanyakan fosil Allosaurus ditemukan di wilayah Amerika Utara, tepatnya di Colorado, Utah, New Mexico, Montana, South Dakota, dan Wyoming.

Allosaurus panjangnya bisa mencapai 12 meter, jika berdiri tingginya sekitar 4,5 meter, dan beratnya mencapai 2 ton. Kepala besar Allosaurus panjangnya sekitar 1 meter dan disokong oleh leher yang pendek dan tebal. Gigi tajam Allosaurus melengkung dan memiliki bentuk menyerupai gergaji. Allosaurus memiliki cakar tajam pada tiga jari kaki di masing-masing kaki belakang. Mereka juga memiliki cakar penggenggam yang panjang pada tiga jari di masing-masing kaki depan. Ekor Allosaurus yang panjang dan berat membantu hewan ini menyeimbangkan dirinya.

Allosaurus adalah dinosaurus pemakan daging yang memangsa dinosaurus pemakan tumbuhan. Ketika sedang berburu sendirian, Allosaurus akan bersembunyi di antara tanaman lebat dan kemudian menerkam mangsanya. Beberapa ilmuwan percaya bahwa Allosaurus juga berburu dalam kawanan. Bersama-sama, sekawanan Allosaurus bisa melumpuhkan dinosaurus yang berukuran sangat besar, seperti Apatosaurus dan Diplodocus. Para ilmuwan juga percaya bahwa Allosaurus bereproduksi dengan cara bertelur.

Komentar Anda