Ankylosaurus, Dinosaurus yang Berpenampilan Kokoh ala Tank

Ankylosaurus adalah dinosaurus herbivora besar yang menghuni Amerika Utara sekitar 65 sampai 98 juta tahun yang lalu selama periode Cretaceous akhir. Ankylosaurus diklasifikasikan sebagai anggota keluarga Ankylosauridae, yang berisi dinosaurus berperisai keras. Ankylosaurus dan Euoplocephalus adalah satu-satunya ankylosaurid yang diketahui berasal dari Amerika Utara. Ankylosauridae termasuk dalam ordo Ornithischia (dinosaurus berpinggul burung).

AnkylosaurusTubuh Ankylosaurus yang besar dan berat serta kulitnya yang berlapis perisai tebal membuatnya mirip tank hidup. Makhluk ini tumbuh dengan panjang minimal 7,6 meter, jika berdiri tingginya lebih dari 1,2 meter, dan beratnya sekitar 4 ton.

Ankylosaurus adalah binatang berkaki empat, yang keempat kakinya berukuran pendek tapi tebal dan kuat. Kepalanya memiliki panjang sekitar 76 cm. Kepala, tubuh, dan ekornya ditutupi dengan lempeng tulang di atas kulit keras. Dua buah duri besar muncul di kepala, dan deretan duri pendek yang keras ada sepanjang punggung dan ekor. Ekor Ankylosaurus, yang panjangnya sama dengan panjang tubuhnya, memiliki semacam bandul yang berat.

Dengan struktur tubuh yang kuat dan kokoh ini, Ankylosaurus sangat baik beradaptasi dengan lingkungan bervegetasi padat tempat ia makan. Ankylosaurus kemungkinan adalah makhluk yang tenang, namun para ilmuwan percaya bahwa ia siap bertarung jika diserang dengan mengandalkan perisai kerasnya sebagai pelindung. Bila perlu, hewan ini akan mengayunkan bandul ekornya yang berat untuk mengintimidasi predator dan mempertahankan diri.

Bukti fosil pertama Ankylosaurus, yang namanya berarti “kadal yang menyatu,” dikumpulkan pada awal abad ke-20 di Amerika Utara. Sisa-sisa tiga spesimen, termasuk tengkorak, telah ditemukan di Amerika Serikat, di formasi batuan Hell Creek di Montana dan formasi Lance di Wyoming; dan Kanada, di formasi Scollard di Alberta. Fosil-fosil ini menunjukkan bahwa Ankylosaurus adalah salah satu dinosaurus terakhir yang punah.

Komentar Anda