Kesehatan

Daftar Makanan Rendah Kolesterol yang Perlu Anda Tahu

Loading...

Makanan yang tinggi lemak jenuh dan kolesterol bisa menyebabkan penimbunan lemak yang menyumbat pembuluh darah dan menghambat aliran darah ke arteri. Makanan seimbang dan rendah kolesterol dapat mencegah beberapa masalah kesehatan paling umum yang mengancam kita, seperti penyakit jantung, serangan jantung, angina, stroke, pembekuan darah, dan aterosklerosis.

Makanan SehatDaftar berikut ini akan membantu Anda memilih makanan-makanan yang mengandung kolesterol rendah atau bahkan tanpa kolesterol.

Buah-buahan

Kandungan kalori rendah buah membantu mengisi makanan sehari-hari dengan makanan rendah kolesterol. Buah bisa menjadi makanan serbaguna, dari makanan ringan, makanan pembuka, makanan tambahan, hingga makanan penutup. Campurkan buah dan sayuran dalam salad untuk meningkatkan porsi harian Anda. Ganti makanan penutup kaya lemak dengan buah beku, seperti melon, berry, pisang, dan anggur. Meningkatkan konsumsi buah juga dapat menurunkan kadar kolesterol, terutama pada pasien penyakit jantung. Buah tambahan mencegah kekurangan vitamin, menyediakan nutrisi, mencegah berbagai penyakit, dan menghidrasi tubuh.

Sayur-sayuran

Tinggi akan serat dan nutrisi, sayuran membantu mengatur metabolisme dan menstabilkan kadar kolesterol dengan memberikan dorongan vitamin C, E dan K yang sehat, yang juga bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Anda bisa membuat semur daging menggunakan berbagai sayuran. Cuci, iris, dan dinginkan sayuran mentah (seperti wortel, kembang kol, dan brokoli) untuk menjadikannya makanan ringan yang cepat dan mudah dimasak.

Loading...

Biji-bijian

Kaya akan serat dan energi, biji-bijian tidak hanya rendah kadar kolesterolnya, tetapi juga membantu mengontrol berat badan. Sumber signifikan dari makanan rendah kolesterol ini antara lain roti gandum, kacang-kacangan, sereal, beras, dan pasta. Mulai pagi Anda dengan sarapan bagel atau oatmeal. Hindari croissant, kue-kue, cracker dan makanan panggang lainnya yang mengandung minyak jenuh.

Daging tanpa lemak

Hidangan utama menggunakan makanan rendah kolesterol bisa mencakup daging merah tanpa lemak, ayam, dan kalkun, yang mampu melawan kolesterol jahat dengan kandungan protein, vitamin, dan mineralnya. Membuang lemak tambahan dan membuang kulit bisa meningkatkan manfaat penambahan daging tanpa lemak untuk makanan Anda. Jaga hidangan daging tetap rendah kolesterol dengan menggunakan bumbu herbal, rempah-rempah, jus lemon, dan bumbu-bumbu bebas lemak lainnya.

Buncis dan kacang polong

Buncis dan kacang polong tidak hanya memasok banyak nutrisi sebagai pengganti daging, tetapi juga menawarkan berbagai makanan rendah kolesterol. Kacang hijau, buncis, kacang polong, lentil, dan kacang sejenisnya bisa dijadikan sup hangat dan topping salad.

Ikan

Semua jenis ikan memberikan pilihan yang rendah lemak jenuh dan kolesterol untuk makan siang dan makan malam dibandingkan daging atau unggas. Yang harus diingat, makanlah salmon, sarden, dan tuna dalam moderasi alias tidak sering-sering. Untuk menjaga ikan tetap rendah kolesterol, sebaiknya Anda tidak mengolahnya dengan cara menggoreng.

Putih telur

Kuning telur terkenal bisa meningkatkan kadar kolesterol, menyebabkan banyak orang tidak melirik telur sebagai bahan makanan yang sehat. Pilih putih telur untuk pilihan makanan rendah kolesterol. Siapkan omelet putih telur dengan sayuran segar, dan gunakan putih telur saat memanggang dan memasak hidangan utama.

Loading...

Komentar Anda