Mengenal Keenam Wilayah Benua Asia

Untuk tujuan studi, Asia biasanya dibagi menjadi enam wilayah. Setiap wilayah diidentifikasi berdasarkan kombinasi dari bentang alam geografis dan tradisi budaya yang berbeda. Keenam wilayah tersebut antara lain Asia Barat Daya, Asia Selatan, Asia Tenggara, Asia Timur, Asia Tengah, dan Asia Utara.

AsiaAsia Barat Daya, di mana peradaban manusia pertama yang diketahui muncul ribuan tahun yang lalu, telah menjadi pusat perhatian dunia selama beberapa dekade terakhir. Wilayah ini menghasilkan sepertiga dari minyak dunia. Asia Barat Daya juga menjadi panggung konflik untuk waktu yang lama; konflik yang belum terselesaikan antara Israel dan dunia Arab.

Asia Barat Daya dulunya adalah wilayah strategis yang didambakan oleh banyak kerajaan. Saat ini, Asia Barat Daya mencakup 18 negara: Turki, Siprus, Suriah, Lebanon, Israel, Yordania, Arab Saudi, Yaman, Irak, Iran, Oman, Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain , Qatar, dan Kuwait. Tiga negara merdeka baru, yakni Armenia, Azerbaijan, dan Georgia, muncul di wilayah bersejarah Transkaukasia setelah runtuhnya Uni Soviet pada Desember 1991.

Asia Selatan adalah sebuah semenanjung. Wilayah ini secara kasar berbentuk segitiga dan dipisahkan dari daratan Asia lainnya oleh pegunungan Himalaya dan beberapa pegunungan mengesankan lainnya. Wilayah ini didominasi oleh India, yang memiliki populasi terbesar kedua di dunia -lebih dari 1,1 miliar orang. Pakistan, Afghanistan, Nepal, Bhutan, Bangladesh, Sri Lanka, dan Maladewa juga menghuni daerah ini.

Asia Tenggara meliputi beberapa negara pulau utama dan semenanjung yang kadang-kadang disebut sebagai Indochina. Wilayah ini meliputi Myanmar (dahulu Burma), Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam, Malaysia, Singapura, Indonesia, Timor Leste, Brunei, dan Filipina.

Asia Timur adalah rumah bagi lima negara. Dampak global dua negara di wilayah ini sangat besar. China memiliki lebih dari 1,3 miliar penduduk atau kira-kira seperlima dari umat manusia. Jepang, dengan produk domestik bruto (PDB) terbesar ketiga di dunia setelah Amerika Serikat dan China, adalah negara maju yang paling ekonomis di Asia. Taiwan, Korea Utara, dan Korea Selatan juga bagian dari Asia Timur. Asia Timur juga mencakup bekas koloni Inggris, Hong Kong, dan bekas koloni Portugis, Macau; keduanya dikembalikan ke China masing-masing pada tahun 1997 dan 1999.

Wilayah berikutnya adalah Asia Tengah. Selama berabad-abad, hamparan yang sangat besar ini didominasi oleh Rusia. Rusia memiliki wilayah di Eropa dan Asia. Ketika Uni Soviet hancur pada akhir tahun 1991, lima negara merdeka baru muncul menggantikan inti republik Soviet Asia tengah: Kazakhstan, Uzbekistan, Turkmenistan, Kyrgyzstan, dan Tajikistan. Negara lain di wilayah ini adalah Mongolia. Asia Utara, umumnya dikenal sebagai Siberia, tetap menjadi bagian dari Rusia yang berpusat di Eropa.

Komentar Anda