8 Fakta Menarik Tentang Keadaan Alam Australia

Terletak di belahan bumi selatan, Persemakmuran Australia terdiri atas daratan benua, Pulau Tasmania, dan banyak pulau-pulau kecil lainnya. Penjelajah Belanda menemukan Australia di abad ke-17, dan Inggris mengambil alihnya pada abad ke-18. Bentang alam Australia sangat memukau dan menyimpan banyak keindahan tersembunyi. Berikut kami sajikan 8 fakta paling unik tentang keadaan alam Australia.

Australia1. Australia adalah negara terbesar ke-6 di dunia, namun kepadatan penduduknya adalah salah satu yang terendah di seluruh dunia.

2. Australia juga merupakan benua paling kecil dan paling kering yang dihuni manusia. Meski benua Antartika sebenarnya adalah yang paling kering, tetapi Antartika tak berpenghuni.

3. Australia Barat, negara bagian terbesar di Australia, ukurannya hampir sama dengan seluruh wilayah Eropa Barat.

4. Gurun Victoria Besar, gurun terbesar di benua itu, ukurannya sekitar satu setengah kali ukuran Inggris.

Gunung Alpen Australia
5. Gunung berapi aktif sangat jarang ditemukan di Australia. Namun setidaknya ada dua gunung berapi aktif di sana, yakni Big Ben dan Pulau McDonald.

6. Tidak ada wilayah di benua Australia yang jaraknya lebih dari 1.000 km dari garis pantai. Australia memiliki garis pantai sepanjang kira-kira 60.000 km.

7. Meski sulit dipercaya, Gunung Snowy, atau Alpen Australia, menerima lebih banyak salju dibandingkan Swiss.

8. Berada di belahan bumi yang lebih rendah, musim dingin di Australia dimulai pada bulan Juni, dan musim panas dimulai pada bulan Desember.

Komentar Anda