Musik Bisa Kurangi Kecemasan dan Rasa Sakit Saat Operasi

Musik ternyata masih menyimpan banyak manfaar besar dalam dunia medis. Orang-orang yang mendengarkan musik sebelum, selama, dan setelah operasi akan mengalami sedikit rasa sakit dan kecemasan, menurut penelitian baru yang diterbitkan dalam The Lancet.

MusikPara peneliti di Brunel University di Inggris menganalisis 72 percobaan acak yang melibatkan 7.000 pasien yang menjalani operasi. Uji coba mengevaluasi efek dari musik yang dimainkan sebelum, selama, atau setelah operasi pada pasien yang sedang dalam pemulihan.

Mereka juga meneliti bagaimana musik mempengaruhi nyeri pasca operasi, kecemasan pasien, kebutuhan mereka akan obat penghilang rasa sakit, dan lamanya mereka tinggal di rumah sakit.

Temuan mereka menunjukkan bahwa dibandingkan dengan pasien yang tidak mendengarkan musik, mereka yang mendengarkan musik secara signifikan mengalami lebih sedikit rasa sakit dan lebih sedikit membutuhkan obat penghilang rasa sakit.

Mendengarkan musik juga meningkatkan kepuasan pasien secara keseluruhan setelah operasi. Temuan ini berlaku untuk semua pasien, entah musik itu dimainkan sebelum, selama, atau setelah operasi, meskipun hasilnya akan lebih baik bila pasien sadar.

Pasien yang memilih musik mereka sendiri mengalami penurunan rasa sakit yang sedikit lebih besar. Temuan ini menyoroti pentingnya memasukkan musik ke dalam pengobatan terapi untuk pasien rumah sakit. Penelitian lebih lanjut akan menyelidiki pro dan kontra dari musik untuk ibu yang menjalani operasi caesar.

Komentar Anda