Masalah Kesehatan yang Mengincar Orang Pendek

Meski orang tinggi juga rawan terkena beberapa penyakit, orang pendek sebenarnya juga tak luput dari incaran sejumlah masalah kesehatan. Tinggi badan seseorang memang mempengaruhi kesehatan. Penelitian telah menunjukkan bahwa beberapa penyakit cenderung lebih banyak mempengaruhi orang dengan tinggi badan tertentu ketimbang lainnya. Nah, apa saja masalah kesehatan yang berpotensi menyerang orang pendek?

Orang pendekPenyakit kardiovaskular

Sebuah studi yang diterbitkan dalam European Heart Journal menyatakan bahwa berpostur pendek meningkatkan risiko penyakit jantung. Sebuah ulasan lebih dari 52 studi terbaru yang melibatkan lebih dari tiga juta orang dari kedua jenis kelamin menemukan bahwa orang pendek memiliki 50% peningkatan risiko penyakit jantung dibandingkan orang tinggi. Bagaimana sebenarnya tubuh pendek dikaitkan dengan peningkatan risiko ini masih diteliti hingga kini, dan para ilmuwan masih akan kembali dengan kemungkinan jawaban lain dalam waktu dekat.

Stroke

Stroke juga lebih umum ditemukan di antara orang pendek. Sebuah studi dari peneliti Israel yang diterbitkan dalam American Heart Association Journal menyebutkan bahwa pria yang berada dalam kelompok orang pendek memiliki risiko 54% lebih tinggi terkena stroke daripada pria yang berada dalam kelompok orang tinggi. Entah ini karena nutrisi atau faktor hormonal, atau hubungan antara berbagai kondisi lingkungan atau eksternal, stroke ditemukan lebih sering mempengaruhi orang pendek.

Penyakit Alzheimer

Sebuah studi tahun 2007 yang diterbitkan dalam Journal of Alzheimer’s Disease menemukan bahwa pria yang tingginya lebih dari 177 cm memiliki risiko 59% lebih rendah terkena penyakit Alzheimer daripada mereka yang tingginya kurang dari 177 cm. Menurut Alzheimer’s Association, hampir 5,2 juta orang Amerika terkena Alzheimer. Risiko penyakit ini meningkat seiring usia, meskipun faktor keturunan juga merupakan faktor risiko utama terkena penyakit ini.

Komentar Anda