10 Hewan yang Paling Banyak Disembah di Dunia

Hewan memainkan peran besar dalam setiap kebudayaan manusia. Di beberapa masyarakat, hewan bahkan dipuja dan disembah. Alasan penyembahan hewan sangat bervariasi, tergantung pada tradisi dan kepercayaan mistis masyarakat. Mulai dari China, India, hingga Indian Amerika, berbagai hewan disakralkan dan sejumlah dewa bahkan diserupakan sebagai hewan. Berikut 10 hewan yang paling banyak disembah di dunia.

Hewan Suci

LINE

1. Sapi

Sapi

Sapi adalah binatang yang paling dihormati dan disucikan di India. Ada sejumlah undang-undang mengenai penyembelihan sapi di negara-negara bagian India yang berbeda. Beberapa di antaranya menganggap penyembelihan sapi sebagai tindakan kriminal, dan kalangan Hindu konservatif menganggap tindakan itu sebagai sebuah dosa. Sapi diberi penghormatan sebagai Ibu India, mereka biasa berkeliaran dengan bebas di jalan-jalan India. Sapi dianggap sebagai hewan yang lembut dan pengabul keinginan, serta dihiasi dengan karangan bunga dan ornamen selama festival. Bahkan, Krishna, inkarnasi Dewa Wisnu, sering digambarkan ditemani seekor sapi.

2. Ular

Ular

Dewa ular memiliki tempat penting dalam budaya India. Selama ‘Nag Panchami’, orang Hindu menyembah dewa ular. Mereka memanjatkan doa-doa dan mempersembahkan susu hangat. Festival ini dirayakan pada hari kelima bulan Shravan (kalender Hindu), atau sekitar bulan Juli/Agustus. Dewa Hindu Wisnu digambarkan duduk di ‘Sheshanaga’. (penguasa semua naga). Dewa Siwa digambarkan memiliki ular yang melilit di lehernya. Di banyak tempat, ular melambangkan kesuburan.

3. Anjing

Anjing

Anjing, sahabat manusia, juga disembah selama festival Kukur Tihar di beberapa bagian Nepal. Selama festival ini, anjing diberi makanan-makanan lezat dan dihormati dengan kalungan bunga marigold, mengenakan tilak, dan membakar dupa. Dalam budaya Hindu, Dewa Dattatreya digambarkan dengan empat anjing, dan anjing-anjing itu mewakili empat kitab Weda, yakni Regweda, Samaweda, ‎Wedangga, ‎dan Yajurweda.

Next

Komentar Anda