Ulasan Tentang Fitur-fitur Terbaru Windows Phone 8.1

Rilis pembaruan OS Windows Phone 8.1 memang tidak sebombastis update iOS, tetapi update ini tetap dikemas dengan perubahan yang sangat mengesankan. Seiring dengan fitur yang sama sekali baru seperti ‘asisten pribadi’ Cortana, Action Centre, dan bermacam aplikasi hiburan lainnya, Windows Phone 8.1 juga mencakup beberapa perbaikan fitur kunci yang ada. Mari kita pelajari beberapa penambahan mutakhir dari Microsoft berikut ini.

Windows Phone 8.1Cortana Digital Assistant

Sama seperti Siri di iPhone dan Google Now di Android, Cortana dapat membantu Anda membuat panggilan, mengirim pesan, membuat catatan, mengatur pengingat dan alarm, dan bahkan memberitahu Anda tentang berita, perubahan cuaca, atau masalah lalu lintas di daerah Anda. Anda dapat mengaktifkan dan mengontrol aplikasi ini dengan suara Anda, yang membuatnya sangat berguna untuk pengemudi atau jika tangan Anda sedang sibuk.

Kotak di layar awal

Salah satu kabar gembira dalam Windows Phone 8 adalah layar awal yang sangat baik, dengan kotak (Tiles) interaktif yang dapat diubah-ubah sesuai kebutuhan Anda. Pembaruan Windows Phone 8.1 menambahkan opsi tambahan untuk ‘Live Tiles’, yang memungkinkan Anda untuk menampilkan foto favorit dalam beberapa kotak (seperti puzzle kotak). Ada juga kolom tambahan untuk kotak berukuran medium, yang memungkinkan Anda untuk menampilkan lebih banyak informasi pada layar awal. Jika Anda menyukai tampilan awal seperti sebelum update, cukup matikan pilihan ini.

Action Centre

Microsoft sedikit lebih lambat dalam menambahkan fitur jenis ini, yang telah tersedia untuk pengguna Android dan iOS selama beberapa waktu. Action Centre, yang bisa diakses dengan swipe simpel dari atas layar, memberikan akses cepat pada notifikasi, Wi-Fi, Bluetooth, dan kontrol 4G.

Anda juga dapat mengakses kontrol volume baru, yang memungkinkan Anda mengubah pengaturan untuk dering, notifikasi, dan aplikasi pada slider individu. Kontrol lain di Action Centre antara lain cloud backup dan Storage Sense, yang mempermudah pelacakan ruang tersisa pada perangkat Anda.

Shape Writing – Gesture Typing

Sebagai fitur di Android, Shape Writing adalah cara intuitif untuk mengetik. Alih-alih menekan setiap huruf untuk mengetik kata, Anda cukup menempatkan jari Anda pada huruf pertama dan kemudian menggeser ke huruf kedua, dan kemudian ketiga, sampai kata yang Anda inginkan terketik. Software pintar ini mengenali apa yang ingin Anda ketik dan mengabaikan huruf yang dilewati jari Anda dalam perjalanan ke salah satu huruf yang ingin Anda gunakan. Shape Writing sangat akurat, Anda harus mencobanya.

Jam tenang

Fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk mengatur periode dalam satu hari ketika alarm, notifikasi, nada dering, dan tanda lainnya secara otomatis akan diredam. Anda dapat mengatur beberapa jam tenang (Quiet Hours) di sepanjang hari, atau menetapkan satu jam tenang yang panjang di sebagian besar hari. Dan jika Anda khawatir istri/suami/anak-anak tidak bisa menghubungi Anda dalam keadaan darurat, jangan khawatir, karena jam tenang juga mengizinkan Anda untuk menambahkan beberapa nomor yang dapat menjangkau Anda setiap saat.

Wi-Fi Sense

Dirancang untuk membantu mengurangi penggunaan mobile data ketika Anda jauh dari rumah, Wi-Fi Sense secara otomatis dapat memindai dan terhubung ke jaringan Wi-Fi terbuka. Jika ada persyaratan penggunaan, layanan ini bahkan dapat menerimanya atas nama Anda dan akan memberikan semua informasi yang diperlukan jaringan ini sebelum Anda dapat terhubung dengannya.

Update kalender

Kalender Windows Phone telah mendapat perbaikan, menambahkan pandangan interaktif yang mempermudah Anda untuk melihat semua janji Anda pada hari tertentu dengan sekali tekan. Layar detil terbaru ini bahkan menampilkan ramalan cuaca.

Update Internet Explorer

Penambahan versi mobile dari browser Internet Explorer meliputi penjelajahan InPrivate, modus membaca, dan beberapa pengaturan yang dirancang untuk mengurangi penggunaan data mobile Anda dalam menelusuri web. Anda sekarang dapat juga menyinkronisasi tab-tab antara ponsel Windows, tablet, dan PC Anda dengan mudah.

Update Windows Phone Store

Rekomendasi aplikasi pribadi, update otomatis melalui Wi-Fi, dan cara yang lebih mudah untuk melihat proses download, semua dirancang untuk membuat toko aplikasi yang terus tumbuh ini menjadi lebih ramah pengguna. Riwayat pembelian juga lebih mudah untuk diakses, membuat pemasangan ulang aplikasi terasa lebih mudah.

Komentar Anda