Tips-tips Penting dalam Melatih Anjing Kecil

Pelatihan jenis anjing kecil sama pentingnya dengan pelatihan jenis anjing besar. Karena ukurannya yang kecil, beberapa orang cenderung mengabaikan perilaku buruk anjing kecil itu. Pemilik anjing tidak selalu memiliki banyak waktu dan energi untuk melatih peranakan anjing kecil mereka sebagaimana mestinya. Sayangnya, kurangnya pelatihan dapat menyebabkan sejumlah masalah perilaku, seperti perliaku agresif, pemaksa, dan dan menggonggong terus-menerus.

Anjing kecilKurangnya pelatihan juga bisa berbahaya untuk anjing kecil Anda. Seekor anjing kecil yang tidak belajar untuk datang saat dipanggil beresiko untuk lari keluar rumah, tersesat, dan hilang. Dan terlepas dari ukuran mereka, anjing yang terlatih adalah pendamping yang jauh lebih menyenangkan ketimbang yang berperilaku buruk.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda memulai pelatihan anjing kecil Anda:

Nothing in Life is Free

Ukuran mereka yang kecil membuat anjing ini mendapat hak istimewa yang tidak didapatkan anjing besar. Misalnya, anjing kecil lebih mungkin akan diizinkan untuk tidur di tempat tidur Anda dan duduk di furnitur rumah. Meski hal ini baik-baik saja, asalkan Anda dapat menerimanya, kebiasaan ini dapat membuat anjing menjadi pemaksa dan berpikir bahwa pemiliknya ada untuk memenuhi setiap keinginan mereka. Dengan kata lain, membiarkan anjing Anda melakukan apa pun dan kapan pun sesukanya dapat menjadikannya tiran kecil.

Untuk membiarkan anjing kecil Anda tahu bahwa Anda adalah bosnya, maka Anda bisa memulai program Nothing in Life is Free. Program jenis ini dirancang secara khusus untuk mengajar anjing Anda bahwa ia harus bekerja untuk mendapatkan semua yang ia inginkan. Berikan ia perintah yang harus ia patuhi sebelum ia memiliki akses pada apa pun yang ingin ia nikmati.

Misalnya, minta anjing kecil Anda untuk duduk sebelum ia mendapatkan makan dan turun sebelum ia diperbolehkan naik ke furnitur. Anjing kecil Anda akan cepat belajar bahwa perilaku memaksanya takkan bisa membawanya ke mana-mana.

Latih sesuai ukurannya

Pelatihan anjing kecil bisa membuat punggung Anda sakit dan menakutkan untuk anjing Anda. Terutama pada tahap awal pelatihan kepatuhan dasar, ini dapat menakutkan bagi anjing kecil Anda jika Anda berdiri menjulang di atasnya. Untuk menenangkannya dan mencegah punggung Anda sakit, mulailah dari tingkat yang sama seperti anjing Anda. Latih sesuai ukuran tinggi tubuhnya.

Anda dapat melakukan ini dengan duduk di atas lantai atau tanah bersama anjing kecil Anda, atau angkat ia dan tempatkan di atas meja atau tangga. Setelah ia merasa nyaman dengan pelatihan dan sudah mempelajari perintah baru, Anda dapat mulai melakukan pelatihan sambil berdiri sementara ia tetap berada di bawah.

Tetaplah positif

Pelatihan penguatan positif adalah cara yang bagus untuk melatih anjing kecil. Teknik seperti pelatihan kliker dan pelatihan berbasis hadiah lainnya dapat sangat efektif. Karena mereka begitu kecil, pelatihan berdasarkan hukuman bisa berbahaya dan menakutkan untuk anjing kecil. Pelatihan semacam ini sangat mudah menyakiti anjing kecil secara tidak sengaja, misalnya dengan memberinya cambukan dengan tali. Perbedaan ukuran dengan Anda saja sudah cukup menakutkan baginya tanpa perlu memberikan hukuman tambahan. Jagalah segala sesuatu tetap positif dan optimis, dan anjing kecil Anda akan yakin untuk belajar mencintai sesi pelatihan.

Pertimbangan khusus untuk buang air

Pelatih anjing sering mendengar keluhan dari para pemilik anjing kecil soal pelatihan buang air. Pemilik merasa bahwa teknik-teknik yang direkomendasikan untuk pelatihan buang air besar tidak berhasil untuk anjing kecil mereka. Itu tidak benar. Teknik yang bekerja pada jenis anjing besar juga akan bekerja pada anjing kecil Anda, dengan satu pengecualian. Anjing kecil sering memiliki kandung kemih yang lebih kecil dari anjing yang lebih besar. Ini berarti bahwa mereka secara fisik tidak mampu menahan kencing selama anjing besar

Peranakan anjing kecil Anda mungkin hanya membutuhkan sedikit jalan-jalan tambahan di luar setiap hari. Pemilik yang jadwalnya tidak memungkinkannya untuk mengajak anjing kecilnya berjalan-jalan setiap 3-4 jam perlu menyewa pengasuh anjing atau memilih untuk mengajar anjing mereka menggunakan bantalan toilet atau kotak pasir di dalam ruangan.

Olahraga, pelatihan ketaatan lanjutan, dan lainnya

Jangan meremehkan kemampuan anjing kecil Anda untuk mempelajari perilaku baru dan menjadi unggul dalam berbagai kegiatan. Anjing kecil dapat tampil baik dalam olahraga anjing, seperti kelincahan, serta ketaatan lanjutan. Jika kompetisi ini tidak menarik bagi Anda, Anda mungkin masih ingin mempertimbangkan pelatihan anjing Anda untuk mendapatkan sertifikasi AKC Canine Good Citizen. Dengan pelatihan dan sosialisasi yang tepat, anjing kecil akan menjadi sahabat baik yang siap menemani ke mana pun Anda pergi.

Komentar Anda