Informasi Lengkap Tentang Anjing Chow Chow

Chow Chow adalah jenis anjing kuat dan independen yang dikenal karena penampilannya yang mirip beruang serta lidahnya yang berwarna biru-hitam. Meskipun peranakan ini kadang-kadang memiliki reputasi sebagai anjing agresif, kebanyakan Chow Chow adalah anjing yang setia, tenang, dan mereka bisa menjadi sahabat yang sangat baik.

Anjing Chow ChowChow Chow adalah anjing berukuran sedang hingga besar yang bisa memiliki lapisan bulu kasar atau halus. Lapisan bulu kasar Chow Chow dilapisi dengan bulu dalam yang lembut seperti wool dan lapisan bulu atas menengah-panjang yang lurus, padat, kasar dan sangat penuh.

Mereka memiliki lapisan bulu panjang pada kaki dan ekor, dan “surai” tebal nan panjang di sekitar kepala dan leher. Chow Chow berbulu halus juga memiliki lapisan bulu ganda, tapi jauh lebih pendek. Terlepas dari tekstur bulunya, perawatan dasar rutin sangat penting. Namun, jenis bulu kasar akan membutuhkan lebih banyak perawatan untuk menghindari bulu kusut. Chow Chow adalah perontok bulu musiman dalam tingkat yang sangat tinggi, dan pemeliharaan ekstra diperlukan pada saat itu.

Chow adalah anjing yang cerdas, mandiri, dan kadang-kadang menyendiri yang cenderung memiliki sifat dominan dan pelindung. Peranakan ini membutuhkan pemilik tegas yang bisa memberikan pelatihan kedisiplinan, sosialisasi, dan kepatuhan dasar yang kuat. Chow Chow yang tidak dilatih dengan baik bisa menjadi teritorial dan tidak ramah, dan hal ini melanggengkan stereotip bahwa mereka adalah anjing yang secara alami agresif. Anjing peliharaan Chow Chow perlu tahu bahwa Anda adalah bos di dalam rumah. Meski anjing ini tidak terlalu aktif, Chow Chow masih perlu olahraga rutin agar tetap sehat dan bahagia.

Chow Chow jelas bukanlah jenis anjing yang tepat untuk semua orang, tetapi dapat menjadi hewan tambahan yang bagus untuk rumah yang tepat. Peranakan ini dapat bekerja dengan baik sebagai anjing pengawas atau penjaga. Chow Chow cenderung menjadi anjing khusus satu orang, dengan fokus loyalitas pada pemilik utama. Namun, dengan pelatihan dan sosialisasi yang tepat, peranakan ini bisa bergaul dengan semua anggota keluarga, termasuk anak-anak, meskipun rumah yang dihuni anak-anak yang lebih besar atau remaja lebih cocok baginya. Jenis anjing yang mempesona, setia, dan cerdas ini dicintai oleh banyak orang dan bisa menjadi pendamping yang tepat untuk Anda.

Chow Chow memiliki variasi bulu berwarna hitam, biru, krem, merah, dan cokelat muda. Mereka bisa memiliki bobot sekitar 24 sampai 32 kg dengan tinggi badan antara 43 sampai 50 cm.

Masalah kesehatan anjing Chow Chow

Peternak yang baik akan berusaha untuk mempertahankan standar tertinggi peranakan ini sebagaimana ditetapkan oleh AKC. Anjing yang dibesarkan dalam standar-standar ini cenderung tidak mewarisi kondisi kesehatan tertentu. Namun, beberapa masalah kesehatan herediter dapat terjadi pada Chow Chow. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang harus diperhatikan:

Displasia pinggul

Entropion

Brachycephalic Syndrome

Dilatasi lambung/Volvulus

Sejarah anjing Chow Chow

Chow Chow adalah anjing asli China dan merupakan salah satu anjing paling kuno dari semua ras anjing, yang berasal dari tahun 206 SM. Meskipun Chow Chow saat ini adalah anggota dari kelompok anjing non-sporting, peranakan ini telah digunakan untuk berburu sejak lebih dari 2000 tahun yang lalu.

Jenis ini disebut dengan beberapa nama di China, namun tidak ada yang menyebutnya “Chow Chow.” Pada akhir tahun 1700-an, pedagang Inggris membawa berbagai kargo dari timur jauh yang mereka sebut “chow chow.” Karena anjing-anjing ini kadang-kadang menjadi bagian dari kargo tersebut, nama ini akhirnya disematkan pada mereka. Chow Chow dibawa ke Amerika Serikat pada akhir tahun 1800-an dan secara resmi diakui oleh AKC pada tahun 1903.

Komentar Anda