Hal-hal yang Harus Anda Ketahui Ketika Mengadopsi Anjing

Mengadopsi anjing adalah hal yang baik. Ada jutaan hewan peliharaan di tempat penampungan yang menunggu untuk diadopsi. Dengan mengadopsi anjing, Anda dapat membantu hewan tunawisma dan memberi contoh yang baik bagi orang lain. Mengadopsi anjing tidak bisa dilakukan oleh semua orang, dan itu bukanlah sesuatu yang bisa Anda anggap enteng. Mengadopsi anjing adalah keputusan besar yang akan mempengaruhi kehidupan Anda selama bertahun-tahun.

Anjing peliharaanMembawa anjing adopsi ke rumah adalah pengalaman yang berharga bagi Anda dan keluarga Anda. Sebelum anda mencari sahabat masa depan Anda, persenjatai diri Anda dengan pengetahuan tentang adopsi anjing sebagaimana kami jabarkan berikut ini.

Anjing jenis apa?

Jika Anda memutuskan untuk mengadopsi anjing, Anda mungkin sudah mengincar satu jenis tertentu. Anda bisa mengadopsi anjing ras dari tempat penampungan jika Anda sudah memiliki rencana. Namun, jika Anda tidak menginginkan jenis tertentu, Anda masih harus memiliki gagasan tentang jenis anjing apa yang Anda inginkan.

Pertimbangkan usia, ukuran, kebutuhan perawatan, masalah kesehatan, dan tingkat aktivitas. Pertimbangkan semua itu sebelum Anda mulai mencari anjing adopsi. Lebih baik lagi, buatlah daftar tentang karakteristik anjing yang dibagi menjadi tiga bidang: apa yang benar-benar Anda butuhkan dari anjing, apa yang Anda sukai dari anjing, dan apa yang tidak dapat Anda terima dari anjing. Dengan cara ini, ketika Anda siap mencari anjing adopsi, Anda akan tahu dari mana harus memulainya.

Di mana mengadopsi anjing?

Anda dapat mengadopsi anjing dari tempat penampungan hewan, kelompok penyelamat hewan, atau kelompok penyelamat peranakan spesifik. Internet adalah cara yang bagus untuk mencari anjing adopsi di daerah Anda, tapi berhati-hatilah dalam memilih situs-situs terpercaya. Di sosial media juga sering ada orang yang menawarkan adopsi anjing, baik gratis maupun berbayar (misalnya, mengganti biaya perawatan selama ini).

Jika Anda ingin mengadopsi dari tempat penampungan anjing, telitilah tempat itu sebelum Anda kunjungi. Organisasi tersebut harus memiliki reputasi yang baik dan idealnya adalah organisasi non-profit. Biaya adopsi harus masuk akal, dan harus dipergunakan untuk keperluan organisasi dan mengganti biaya perawatan anjing itu. Biaya adopsi yang sangat tinggi patut dicurigai. Tempat semacam ini harus bersih dan aman, dan anjing-anjing harus terrawat dengan baik. Anda harus dapat melihat berbagai fasilitas, melihat semua anjing, dan berbicara dengan staf atau relawan.

Sayangnya, beberapa kelompok yang tidak bertanggung jawab beroperasi di bawah kedok tempat penampungan atau penyelamatan anjing, tetapi itu sebenarnya adalah bisnis yang tidak etis atau ilegal. Pastikan Anda tidak “mengadopsi” anjing dari sebuah pabrik anak anjing atau operasi serupa. Jika ada sesuatu yang Anda rasa janggal, tanyakan hal itu tanpa ragu. Jika Anda masih merasa curiga atau gelisah, Anda harus pergi.

Meski Anda mungkin berniat baik ingin “menyelamatkan” anjing dari kondisi yang buruk, membeli anjing dari tempat ilegal semacam itu hanya akan mendukung kegiatan mereka. Sebaliknya, hubungi pihak berwenang setempat jika Anda mencurigai penyalahgunaan, penelantaran, atau pengondisian yang tidak beradab lainnya.

Pembelian anjing dari toko hewan peliharaan bukanlah adopsi, dan itu tidak dianjurkan. Pasalnya, anjing ini bisa saja berasal dari pabrik anak anjing, sesuatu yang tidak ingin Anda dukung tentunya. Jika Anda ingin anjing ras dan tidak ingin pergi ke tempat penyelamat ras anjing tertentu, maka sebaiknya Anda mencari peternak anjing yang berpengalaman dan terpercaya.

Memilih seekor anjing

Beberapa orang mengatakan bahwa ketika Anda menemukan anjing yang tepat, maka Anda memang tak salah pilih. Namun hal ini tak selalu terjadi. Anda bisa jatuh cinta dengan lebih dari satu anjing dan dihadapkan dengan keputusan sulit. Mungkin tak satupun dari anjing yang Anda temui cocok untuk Anda. Hal ini bukanlah masalah, Anda masih bisa memilih di lain hari

Anda harus tahu, anjing adopsi ini akan menjadi sahabat baru Anda, setidaknya mungkin selama 12-15 tahun mendatang. Anda harus memilihnya dengan hati-hati. Anda bisa kembali di hari lain jika belum menemukan pilihan yang tepat. Komitmen serius kepemilikan anjing tidak boleh dimulai dengan ketidakyakinan.

Proses Adopsi

Selamat! Anda telah menemukan anjing baru Anda. Sekarang saatnya untuk formalitas. Sebagian besar organisasi memerlukan lamaran sebelum Anda dapat mengadopsi anjing mereka. Hal ini untuk mencegah hewan peliharaan jatuh ke tangan yang salah. Meskipun mungkin tampak seperti interogasi, kelompok-kelompok ini memiliki kebijakan ketat seperti ini karena suatu alasan.

Untungnya, kebanyakan orang tidak mengalami kesulitan untuk mendapatkan persetujuan. Beberapa kelompok membutuhkan masa tunggu sebelum mengizinkan anjing mereka Anda bawa pulang, mungkin karena prosedur medis yang perlu dilakukan. Beberapa anjing dapat memiliki daftar tunggu, jadi sebaiknya tanyakan pada mereka terlebih dahulu.

Tanyakan juga apakah biaya adopsi termasuk vaksin, pengebirian, dll. Sebelum menandatangani kontrak, pelajari apa yang diharapkan kelompok tersebut dari Anda dan apa yang akan mereka lakukan untuk membantu Anda. Jika anjing terlalu muda untuk dikebiri, kontrak akan mengharuskan Anda untuk melakukan hal ini di masa depan.

Cari tahu juga apa yang terjadi jika Anda tidak dapat lagi merawat anjing itu. Sebagian besar organisasi akan meminta Anda mengembalikan anjing mereka jika Anda tidak dapat merawatnya lagi (bukan memberikannya pada orang lain). Cari tahu tentang riwayat anjing dan masalah kesehatannya, jika ada, selama anjing itu dalam perawatan mereka.

Tiba di rumah

Kini Anda sudah memiliki pendamping baru. Lalu apa selanjutnya? Pada saat adopsi, Anda mungkin diberi saran tentang cara merawat anjing baru Anda, jadi perhatikan ini baik-baik. Mereka mungkin telah memberikan sampel makanan dan perlengkapan lainnya, tapi sebelum itu, carilah dulu beberapa hal dasar yang dibutuhkan anjing.

Anda harus mengondisikan rumah, bahkan untuk anjing dewasa. Carilah dokter hewan dan bawa anjing baru Anda untuk melakukan tes kesehatan sesegera mungkin. Pada awalnya, anjing Anda akan menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Pemandangan, suara, dan bau akan menjadi hal unik dan bahkan mungkin sedikit menakutkan baginya. Tergantung pada latar belakang anjing Anda, konsep kehidupan di rumah mungkin benar-benar asing baginya.

Bersabarlah dan cobalah untuk membuat rumah Anda menjadi lingkungan yang positif untuk anjing Anda. Anda mungkin perlu memisahkannya dari hewan peliharaan lainnya pada awalnya. Saat ia sudah menyesuaikan diri, Anda bisa secara bertahap mulai memberinya pelatihan, kasih sayang, dan mempersiapkan diri untuk hidup bersama-sama dengan Anda.

Komentar Anda