Alasan Anjing Peliharaan Anda Mencium Pantat Anjing Lain

Salah satu hal pertama yang sering terjadi ketika dua anjing bertemu adalah saling mencium pantat. Hal ini mungkin tampak menjijikkan atau memalukan bagi Anda, tetapi anjing Anda melihatnya berbeda. Mengapa anjing mengendus pantat satu sama lain? Apakah hal ini sehat dan normal untuk anjing Anda? Berikut penjelasannya.

Anjing Mencium Pantat

Indera penciuman anjing Anda

Sistem penciuman anjing kompleks dan canggih, membuat indera penciumannya jauh lebih tinggi dari manusia. Sebagai gambaran perbedaannya, manusia memiliki sekitar 5 juta reseptor penciuman di hidung, sementara anjing memiliki sekitar 220 juta!

Anjing dapat mencium lapis demi lapis aroma bahkan ketika kita tidak bisa mencium bau apa-apa. Hidung anjing memang sangat menakjubkan. Jika Anda memiliki hidung seperti itu, Anda mungkin juga ingin mengendus semuanya. Secara umum, anjing mengendus karena dua alasan utama:

1. Kenikmatan: Mengendus sangat menyenangkan bagi anjing. Mencium sesuatu terasa nikmat dan merangsang.

2. Informasi: Anjing mengendus untuk mencari tahu atau mempelajari sesuatu lebih lanjut.

Mengapa mencium pantat?

Banyak orang berpikir perilaku mengendus pantat di antara anjing adalah satu cara untuk menyapa, tapi faktanya jauh lebih dari itu. Dengan mengendus, anjing dapat mempelajari banyak hal tentang satu sama lain. Setiap hewan memiliki aroma yang unik tersendiri: anjing, kucing, demikian juga manusia. Jika manusia hanya bisa secara samar-samar mendeteksi aroma pribadi, anjing bisa mengenali sejumlah petunjuk melalui hidung mereka.

Aroma semacam ini terasa semakin kuat di sekitar alat kelamin dan anus (lokasi kantung anal, yang mengumpulkan cairan berbau). Aroma di daerah ini dapat memberi tahu anjing lain tentang jender, status reproduksi, makanan, status kesehatan, temperamen, dan banyak hal lainnya.

Seekor anjing juga dapat mengingat aroma, sehingga ia bisa mengetahui apakah ia pernah bertemu anjing tertentu sebelumnya atau belum. Jadi, ketika anjing Anda bertemu anjing lain, mereka masing-masing memiliki cerita untuk dibagi. Jika kita bercakap-cakap ketika bertemu teman atau kerabat, maka anjing mengendus pantat satu sama lain. Ini adalah perilaku normal.

Banyak juga anjing yang mencoba untuk mencari tahu tentang manusia lebih lanjut melalui perilaku mengendus selangkangan, dan ini sering membuat kita malu. Namun jangan khawatir, tidak ada yang salah dengan Anda, itu hanya sifat alami anjing. Dan bagi pemilik anjing, jika anjing Anda mengendus selangkangan orang lain, cobalah untuk mengarahkannya ke tempat lain. Cobalah untuk mencegah perilaku ini jika Anda tidak ingin orang lain membenci anjing Anda.

Haruskah saya biarkan anjing saya mencium pantat anjing lain?

Jika pertemuan anjing sehat, tersosialisasikan dengan baik, dan diawasi, maka yang terbaik adalah membiarkan mereka “saling mengendus” sebanyak yang mereka inginkan (asalkan setiap anjing menoleransi itu dengan baik). Anjing sebenarnya cenderung tidak akan bertarung jika mereka saling mengendus pantat satu sama lain. Namun, beberapa anjing bisa saja terlalu intens dengan kegiatan mengendus pantat, sementara anjing-anjing lain membutuhkan ruang pribadi mereka.

Perhatikan perilaku dan bahasa tubuh semua anjing. Jika salah satu anjing tampak terlalu berlebihan dalam mengendus pantat dan anjing lain tampak kesal atau tertekan, maka pemilik harus memanggil atau menghela anjing mereka. Juga, idealnya biarkan anjing bertemu dan bermain dalam pasangan. Anjing bisa saja terlalu bersemangat jika berada dalam kelompok, yang dapat menyebabkan perkelahian di antara mereka.

Komentar Anda