Kelebihan Ponsel dengan Baterai yang Bisa Dilepas (Removable)

Secara umum, jenis baterai yang dibenamkan dalam ponsel ada dua, yaitu baterai yang bisa dilepas (removable battery) dan baterai yang tidak bisa dilepas (non-removable battery). Dua jenis baterai itu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun sangat disarankan Anda memilih jenis baterai yang bisa dilepas alias removable, mengapa?

Baterai Smartphone

Dalam beberapa tahun terakhir, kita melihat semakin banyak ponsel pintar yang dibuat dari berbagai jenis logam (terutama aluminium). Salah satu kelemahan utama ponsel jenis ini adalah sebagian besar memiliki baterai non-removable atau tak bisa dilepas. Satu dari sedikit ponsel aluminium yang memiliki baterai removable adalah HTC Legend yang dirilis pada tahun 2010 silam.

Ada sejumlah alasan penting mengapa Anda sebaiknya menghindari ponsel berbaterai non-removable dan memilih ponsel yang memiliki baterai yang bisa dilepas (removable).

1. Jika ponsel hang atau freeze, maka salah satu cara tercepat dan termudah adalah melepas baterainya. Ini tidak bisa dilakukan dengan ponsel berbaterai non-removable. Meskipun smartphone saat ini memiliki segudang fitur mumpuni, kompleksitas kerjanya membuatnya terkadang hang. Jika melepas baterai tidak bisa mengatasi masalah ponsel hang, sebaiknya Anda segera membawanya ke tempat servisan terdekat.

2. Hal pertama yang harus Anda lakukan jika ponsel Anda terkena air atau bahkan tercelup air adalah melepas baterainya guna menghindari konsleting. Cara sederhana ini bisa menyelamatkan ponsel Anda dari kerusakan fatal. Setelah baterai dilepas, Anda bisa mengeringkannya.

3. Seiring pemakaian, baterai akan menurun kemampuannya. Setahun atau dua tahun, baterai akan semakin kehilangan performa terbaiknya. Jika dulu Anda bisa menggunakan ponsel sampai 12 jam, kemungkinan setelah satu atau dua tahun Anda kini hanya bisa memakainya selama 8 jam.

Cara mudahnya tentu saja mengganti baterainya dengan yang baru. Jika baterai Anda adalah jenis non-removable, maka hal ini sulit dilakukan. iPhone, yang pertama mempopulerkan baterai non-removable, memiliki layanan penggantian baterai langsung di pusatnya. Tentu saja dengan ongkos yang tak murah.

4. Semakin canggih sebuah smartphone, semakin banyak aplikasi yang dijalankan, dan ini tentunya akan menghisap daya baterai dengan cepat. Jika Anda memiliki charger, sumber listrik, atau setidaknya power bank, maka tidak ada masalah. Namun dalam keadaan darurat, akan lebih mudah bagi Anda untuk membawa baterai cadangan. Baterai removable tentu saja sangat fleksibel dalam mendukung segala kegiatan Anda.

Nah, itulah beberapa kelebihan ponsel pintar dengan baterai yang bisa dilepas (removable). Intinya, baterai removable lebih fleksibel dan relatif lebih nyaman untuk digunakan oleh mereka yang secara aktif menggunakan ponselnya sehari-hari.

One thought on “Kelebihan Ponsel dengan Baterai yang Bisa Dilepas (Removable)

  • 10/14/2015 at 5:18 am
    Permalink

    Trim kash atas penjelasanya mengenai batre yg bs dilepas dan tidak bs dileps

    Reply

Komentar Anda