Mengecas HP Semalaman, Apakah Merusak Baterai?

Sebagian besar dari kita mungkin pernah mengecas HP semalaman. Ketika baterai sudah melemah di malam hari, kita bermaksud mengecasnya sampai full (100%), namun ternyata kita lupa mencabut cas (charge). Akibatnya, HP kita tercas sampai pagi. Pertanyaannya, apakah hal tersebut bisa merusak baterai? Berikut kami hadirkan tiga jawaban/pendapat para ahli dari situs Quora.

Cas HPTom Kent: Baterai lithium-ion dicas ‘secara cerdas’ oleh gadget Anda, sehingga baterai tidak akan kelebihan daya alias overcharged. Mengecas baterai semalaman tidak akan mempengaruhi umur baterai. Baterai lithium-ion juga hanya memiliki sedikit efek memori, tak seperti baterai jadul nickel-cadmium, sehingga mengecas ulang baterai sebelum kehabisan daya tidak akan mengurangi umurnya.

Alan Burgueño: Meskipun benar bahwa handset tercas ‘secara cerdas’, dan bahwa pengecasan akan menurun perlahan setelah mencapai puncaknya, menjaga baterai di sekitar level 100% (yang artinya 4.2V) tentu saja akan berdampak buruk pada umur/keawetan baterai. Kurva menunjukkan bahwa umur baterai Li-Ion akan hampir dua kali lipat jika dicas sampai level 80%, bukan 100% seperti biasanya. Tidak, (pengecasan semalaman) tidak akan merusak baterai. Di samping itu, umur Li-Ion biasanya melampaui waktu sirkulasi ulang smartphone rata-rata.

Vijay Patel: Ketika Anda terus mengecas ponsel Anda semalaman, maka:

Baterai akan tercas hingga 100%

Charger akan mati secara otomatis setelah mencapai 100%

Daya baterai akan mulai menurun dan setelah beberapa waktu akan berkurang 2-3%

Charger akan mulai mengisi daya baterai kembali

Proses ini akan berulang beberapa kali dalam semalaman

Tidak ada efek langsung pada baterai dari melakukan pengecasan semalaman. Baterai tidak akan kelebihan cas. Dan charger akan mati setelah daya penuh. Jadi tidak ada penggunaan daya selama periode ini. Tapi dalam semalaman baterai akan terus melakukan siklus pengisian dan pengurangan (daya). Dan itu sedikit banyak akan mempengaruhi umur baterai.

Komentar Anda