10 Fakta Menarik Tentang Film Life Is Beautiful (1997)

Film bertema Nazi satu ini sangat menyentuh namun juga mengandung unsur komikal yang cerdas. Roberto Benigni yang menjadi sutradara sekaligus pemeran utamanya mampu menjalankan tugasnya dengan baik hingga ia sendiri dianugerahi piala Oscar sebagai Best Actor.

Life is Beautiful

Film berbahasa Italia ini menceritakan seorang Yahudi Italia bernama Guido yang menjalani kehidupan bahagia sebelum pasukan Jerman menduduki Italia. Guido dengan segala usahanya berupaya menenangkan sekaligus menyelamatkan putra kecilnya yang juga digiring ke kamp konsentrasi. Berikut 10 fakta unik tentang film yang berjudul asli La vita è bella ini.

1. Istri Guido, Dora, diperankan oleh istri asli Roberto Benigni di dunia nyata, Nicoletta Braschi.

2. Roberto Benigni adalah aktor kedua dalam sejarah perfilman yang mampu meraih Oscar sebagai Best Actor dalam film yang disutradarainya sendiri. Aktor pertama yang melakukan hal itu adalah Laurence Olivier dari film Hamlet (1948).

3. Roberto Benigni begitu gembira ketika film ini mendapat Oscar dalam kategori Best Foreign Film hingga ia berdiri di atas kursinya dan melompati beberapa kursi sebelum sampai ke atas panggung.

4. Film box office ini meraih keuntungan hingga 225 dolar AS secara internasional.

5. Roberto Benigni adalah orang keempat dalam sejarah perfilman yang dinominasikan meraih Oscar kategori Best Actor, Best Director, dan Best Screenplay.

6. Roberto Benigni mengatakan judul film ini berasal dari kutipan Leon Trotsky. Dalam pengasingan di Meksiko, ketika Leon tahu bahwa ia akan dibunuh oleh orang suruhan Joseph Stalin, ia melihat istrinya di kebun dan kemudian menuliskan kata-kata itu.

7. Sebelum beranjak tidur, Guido dan Ferruccio bercanda tentang filsuf Jerman, Arthur Schopenhauer. Arthur adalah penulis favorit pemimpin Nazi, Adolf Hitler.

8. Keberhasilan Roberto Benigni meraih Oscar sebagai Best Actor dalam film yang sepenuhnya berbahasa Italia adalah yang kedua dalam sejarah. Yang pertama adalah Sophia Loren dalam film Two Women (1960).

9. Setelah menang Oscar, film ini meningkatkan nilai box officenya sebesar 45% dan ditambahkan ke dalam hampir 500 bioskop untuk ditayangkan di AS.

10. Setelah Z (1969), Life Is Beautiful adalah film kedua yang dinominasikan meraih Academy Awards untuk kategori Best Film dan Best Foreign Language Film.

Komentar Anda