Ketahui Penyebab Mulut Kering dan Pengobatannya

Mulut kering (xerostomia) adalah suatu kondisi yang terjadi ketika kelenjar liur atau kelenjar ludah di mulut tidak bekerja dengan baik. Hal ini menyebabkan perasaan kering di mulut. Gejala lainnya meliputi lidah kasar, luka mulut, dan bibir pecah-pecah. Apa saja penyebab mulut kering dan apa saja pengobatannya?

Mulut Kering

Air liur adalah bagian penting dari proses pencernaan. Air liur diperlukan untuk melembabkan dan memecah makanan dan bekerja sebagai mekanisme pertahanan utama untuk membantu tubuh menjaga kesehatan gigi. Air liur melindungi mulut terhadap penyakit gusi dan kerusakan gigi. Meskipun bukanlah kondisi medis yang serius, mulut kering bisa menjadi tanda dari masalah medis yang lebih besar.

Penyebab mulut kering

Banyak hal yang bisa menyebabkan mulut kering. Jika Anda merokok, Anda memiliki peluang lebih besar mengalami mulut kering. Beberapa penyakit seperti diabetes bisa menurunkan jumlah air liur. Obat-obatan juga dapat mempengaruhi jumlah air liur yang Anda miliki. Beberapa penyebab lain dari mulut kering meliputi:

Stres

Penekan nafsu makan

Gangguan autoimun seperti rheumatoid arthritis atau sindrom Sjögren

Botulisme

Kemoterapi

Terapi radiasi kepala dan leher

Obat penenang

Ganja

Pengobatan untuk mulut kering

Mulut kering biasanya merupakan kondisi temporer dan dapat diobati. Kadang-kadang, pengobatan tergantung pada penyebab mulut kering. Dalam kebanyakan kasus, mulut kering dapat diobati dengan melakukan hal-hal berikut:

Sering-sering minum air

Mengisap es batu atau permen tanpa gula

Mengunyah permen karet tanpa gula

Menghindari alkohol, kafein, dan tembakau

Menghindari makanan asin atau pedas

Membatasi asupan gula

Menggunakan humidifier/pelembab ruangan di kamar tidur selama satu malam

Menggunakan obat pengganti saliva

Komentar Anda