Enam Makanan Terbaik untuk Melawan Kanker

Semakin sehat makanan Anda, semakin sehat tubuh Anda. Tapi apakah aturan populer ini juga berlaku pada kanker, salah satu penyebab utama kematian di banyak negara? Beberapa peneliti berpendapat bahwa mayoritas kanker yang didiagnosis di Amerika Serikat dapat dikaitkan dengan makanan.

Kurkumin

Bahkan, sebuah studi besar dari tahun 1980-an menunjukkan bahwa sampai 80 persen dari semua kanker yang didiagnosis dapat dicegah dengan perubahan gaya hidup yang sederhana, termasuk pola makanan.

Salah satu indikator utama bahwa makanan adalah faktor kuat dalam pencegahan kanker adalah tingkat jenis kanker tertentu yang bervariasi dari satu negara ke negara lainnya. Tahukah Anda bahwa Anda jauh lebih mungkin terkena kanker payudara di Amerika Utara daripada di Asia? Hal ini menunjukkan bahwa pilihan gaya hidup, seperti apa yang Anda makan dan apakah Anda merokok, sangat penting dalam pencegahan kanker.

Pengobatan vs Pencegahan

Bisakah makanan sehat benar-benar menyembuhkan kanker? Sayangnya tidak, atau setidaknya belum. Berdasarkan penelitian, tampaknya kekuatan makanan dalam melawan kanker hampir seluruhnya merupakan pencegahan.

Tapi itu tidak berarti bahwa nutrisi yang sehat tidak penting jika Anda telah didiagnosa dengan bentuk penyakit ini. Semakin banyak penelitian menunjukkan bahwa makanan tertentu bisa menjadi obat melawan kanker di masa depan. Apa saja makanan-makanan super itu?

1. Kale & Brokoli

Memakan sayuran berdaun hijau lima hari seminggu dapat menurunkan risiko kanker paru-paru atau kanker payudara. Sayuran, seperti brokoli dan kale, mengandung nutrisi penting seperti vitamin C, E, dan K, serta banyak mineral. Proses mencerna sayuran ini menyebabkan senyawa seperti indoles dan nitril terbentuk, yang saat ini sedang dipelajari karena kemampuannya untuk menarget kanker.

2. Kurkumin

Kurkumin digunakan untuk memasak seluruh dunia, tetapi mungkin lebih populer di Asia Timur. Senyawa ini sering ditemukan dalam bentuk kari atau kunyit. Kurkumin mengandung polifenol. Polifenol adalah mikronutrien alami yang ditemukan dalam makanan. Semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa polifenol mungkin bisa mencegah dan melawan kanker. Kekuatan kimiawinya mampu menghentikan tumor untuk terus berkembang.

3. Daging sapi (yang diberi makan rumput/grass-fed)

Daging merah terkadang dikaitkan dengan kanker. Pastikan untuk tidak sering-sering makan makanan ini. Tapi ada juga karakteristik positif dari daging merah. Daging sapi (yang diberi makan rumput) penuh antioksidan. Antioksidan mampu melawan radikal bebas, yang merupakan senyawa penyebab kanker yang ditemukan di dalam tubuh. Salah satu contoh dari antioksidan dalam daging sapi yang diberi makan rumput adalah vitamin E. Bangun asupan antioksidan Anda dengan makan jenis tertentu dari daging ini untuk pencegahan kanker.

4. Minyak biji rami

Pasien dengan kanker payudara umumnya mengonsumsi minyak biji rami karena bisa mengurangi ukuran tumor. Minyak ini mengandung sejumlah besar asam alpha-linolenic, yang merupakan asam lemak omega-3 yang diyakini memiliki efek anti-kanker. Tanaman lain, seperti kedelai, memiliki zat ini juga, tapi tidak dalam tingkatan yang sama. Konsumsi minyak biji rami dalam bentuk kapsul atau tambahkan dalam masakan sehari-hari Anda.

5. Kopi

Wedang pagi favorit Anda bisa benar-benar memiliki lebih dari satu fungsi: ada beberapa bukti bahwa kopi dapat membantu mencegah kanker. Kopi merupakan sumber yang baik dari riboflavin, jenis vitamin B. Vitamin ini dapat bertindak sebagai antioksidan itu sendiri, atau membantu tubuh mengaktifkan antioksidan yang sangat penting, glutathione, yang dihubungkan dalam pencegahan kanker. Namun, karena temuan ini sangat baru, kita belum bisa memastikan jenis kanker apa yang bisa dicegah kopi.

6. Blueberry

Pilih buah sebagai makanan ringan Anda. Banyak buah mengandung nutrisi yang kuat hingga para ilmuwan menghubungkan lebih banyak buah dengan pencegahan kanker. Salah satu contohnya adalah blueberry. Blueberry mengandung bahan-bahan super seperti serat makanan yang penting untuk menjaga kesehatan usus dan mencegah kanker usus besar. Vitamin C, vitamin K, dan mangan juga ditemukan dalam blueberry. Buah kecil ini memiliki salah satu tingkat tertinggi antioksidan, bahkan jika dibandingkan dengan buah-buahan lain.

Komentar Anda