Botox Bisa Tingkatkan Elastisitas Kulit Hingga Empat Bulan

Selain mampu menghilangkan kerutan dengan merelaksasikan otot di wajah seseorang, botox terbukti juga bisa meningkatkan elastisitas kulit selama empat bulan. Itulah hasil penelitian sebuah studi yang dilakukan oleh tim ilmuwan Kanada.

Wajah WanitaDalam penelitian ini, 48 wanita dengan usia rata-rata 55 tahun dianalisis. Semua wanita tersebut telah menerima suntikan botox untuk mengurangi kerutan pada dahi dan sekitar mata mereka. Kelenturan dan elastisitas kulit setiap wanita dinilai pada hitungan dasar, juga pada hitungan dua mingguan, dua bulanan, tiga bulanan, dan empat bulanan setelah mereka diberi suntikan botox.

Tim menemukan bahwa suntikan botox mampu meningkatkan kelenturan dan elastisitas kulit mereka hingga empat bulan; artinya, sekitar jangka waktu itu botox mampu melemaskan otot-otot di wajah seseorang. Setelah empat bulan, kulit akan kembali ke tingkat dasar.

Para peneliti, yang menerbitkan studi mereka dalam jurnal JAMA Facial Plastic Surgery, juga menentukan bahwa suntikan botox tampaknya mampu membalikkan kerusakan elastisitas kulit akibat paparan radiasi sinar ultraviolet (UV). Namun efek ini juga berkurang setelah empat bulan.

Para peneliti mengatakan bahwa mereka berharap temuan ini akan membuat lebih banyak orang menyadari manfaat dari perawatan kulit non-bedah. Menurut American Society of Plastic Surgeons, lebih dari 6,5 juta orang Amerika melakukan penyuntikan botox pada tahun 2012. Tertarik mencobanya?

Komentar Anda