7 Makanan Sehat dan Seimbang untuk Menyehatkan Pencernaan

Menjaga kesehatan pencernaan tentu saja adalah perkara yang sangat penting. Tak sedikit penyakit serius yang timbul akibat kelalaian kita menjaga kesehatan pencernaan. Oleh karena itu, lindungi saluran pencernaan Anda dan lawan berbagai penyakit dengan 7 makanan sehat dan seimbang ini. Yuk kita simak bersama-sama.

Kesehatan Pencernaan1. Apel

Saran terkenal ‘makan satu apel setiap hari’ sangatlah tepat. Apel mengandung serat yang meringankan sembelit. Jangan buang kulitnya, karena itu adalah salah satu bagian yang paling menyehatkan. Kulit apel berisi pektin dalam jumlah tinggi, sejenis serat yang mempromosikan bakteri sehat dan nutrisi tanaman yang disebut polifenol yang mendukung lapisan mukosa lambung. Hindari tart apel yang mungkin akan mengganggu perut.

2. Seledri

Nilai gizi seledri sering diabaikan. Padahal, seledri mampu membantu mengatur buang air besar karena kandungan seratnya dan bermanfaat untuk lapisan perut karena polisakaridanya. Seledri juga memiliki coumarin, antioksidan yang menurut penelitian mampu meningkatkan aktivitas sel darah putih untuk membantu menyembuhkan usus.

3. Jahe

Berbagai budaya telah menggunakan jahe untuk menyehatkan pencernaan selama berabad-abad. Apa rahasianya? Gingerol, senyawa yang mengurangi rasa sakit dan menggerakkan makanan melalui saluran pencernaan. Jahe dikemas dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan kuat yang menargetkan patogen yang merusak, meningkatkan sirkulasi, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Adas

Sayuran berasa manis ini dikenal bisa meringankan kembung dan gas. Adas merupakan sumber serat, vitamin C, dan kalium. Kunyah biji adas atau buatlah teh dari bijinya untuk mendapatkan hasil terbaik.

5. Pisang

Pisang mengandung fructo oligo sakarida, jenis karbohidrat yang bertindak sebagai prebiotik untuk menjaga flora yang sehat di saluran pencernaan. Pisang juga mengembalikan elektrolit dan kalium yang hilang akibat diare. Namun, pisang cukup tinggi gulanya; oleh karena itu, batasi asupan Anda.

6. Alpukat

Tidak semua lemak sama. Lemak sehat, seperti omega-3 yang ditemukan dalam alpukat, baik untuk Anda dan usus Anda. Lemak sehat membantu tubuh menyerap vitamin yang larut dalam lemak, seperti vitamin K dan C. Alpukat yang banyak mengandung asam oleik mampu menyehatkan saluran pencernaan. Buah hijau yang lezat ini juga memiliki senyawa antioksidan dan anti-inflamasi.

7. Timun

Meskipun timun dapat memicu sendawa pada beberapa orang, sayuran ini bisa menguntungkan pencernaan. Benih dan kulitnya mengandung serat larut yang penting untuk melancarkan sistem pencernaan Anda. Timun juga mengandung kalium. Dan yang terpenting, timun sebagian besar terdiri atas air yang diperlukan untuk mengairi tubuh dan perut, terutama jika Anda mengalami diare.

Komentar Anda