Orang Depresi Akan Cenderung Kecanduan Facebook

Orang yang depresi lebih mungkin untuk menjadi kecanduan menggunakan Facebook, menurut sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di John Paul II Catholic University in Poland. Studi yang diterbitkan di European Psychiatry meneliti 672 peserta dari Polandia yang berusia antara usia 15 dan 75 tahun dengan usia rata-rata 28 tahun. 67 persen dari kelompok ini adalah perempuan.

FBPeserta menjawab dua kuesioner. Satu kuesioner mengevaluasi “intrusi Facebook,” atau keterlibatan diri yang berlebihan di Facebook yang mengganggu aktivitas sehari-hari dan hubungan interpersonal, dan kuesioner lainnya mengukur faktor-faktor depresi pada para peserta.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih banyak waktu yang dihabiskan di internet dikaitkan dengan tingkat penggunaan Facebook yang lebih tinggi, dan intrusi Facebook dikaitkan dengan peningkatan depresi. Namun, dengan tidak adanya penggunaan Facebook, jumlah waktu yang lebih tinggi yang dihabiskan di internet setiap hari tampaknya tidak berhubungan dengan depresi.

Meski penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengetahui apakah ciri-ciri kepribadian individu menjadi salah satu faktor dalam temuan ini, studi ini tidak menimbulkan sejumlah kekhawatiran tentang jumlah waktu yang dihabiskan di situs media sosial dan dampak yang dapat terjadi pada kesehatan dan hubungan seseorang.

Komentar Anda