Acara Bertema Pertanian Sedang Booming di TV Korea

Pertanian adalah tren terbaru dalam program variety show TV Korea yang merupakan produk terbaru dari popularitas acara hiburan yang berhubungan dengan makanan. Sampai saat ini, acara yang berhubungan dengan makanan sebagian besar difokuskan pada memperkenalkan tempat-tempat yang bagus untuk makan atau bintang koki yang memasak hidangan sederhana.

Three Meals a DayNamun, di bawah format terbaru, para selebriti diajak menanam benih di sebidang ladang, entah ladang itu sebagai lapangan sepak bola atau seukuran tangan. Acara tersebut menampilkan selebriti meluangkan waktu dan tenaga mereka untuk membajak ladang, menanam bibit, dan merawat tanaman untuk melihat hasil tanamannya sendiri.

Genre ini paling kental terlihat dalam reality show populer yang diproduseri oleh Na Young-seok, Three Meals a Day, yang memulai musim keduanya pada bulan lalu dengan bintang utama Lee Seo-jin dan Ok Taec-yeon dari boyband 2PM. Aktor setengah baya, Kim Kwang-kyu, diplot menjadi anggota baru dari tim ini.

Sementara musim pertama dan spin-off nya menampilkan para selebriti mengumpulkan tanaman pangan yang sudah dipanen atau mengumpulkan ikan dari jaring, musim terbaru menambahkan variasi baru di mana para pemain harus menumbuhkan tanaman sendiri.

Dalam episode pertama yang tayang pada 15 Mei lalu, Lee, Ok dan Kim menanam kentang di sudut ladang seluas 3.305 meter persegi di Jeongseon, Gangwon. Sebelumnya, mereka menanam jagung, tomat, kentang manis, dan sebagainya.

Reality Show Korea
“Pada saat saya merencanakan musim pertama program ini, saya ingin menunjukkan pada penonton empat musim dalam satu tahun, dengan sangat lambat,” kata produser Na bulan lalu. “Sebagai contoh, saya ingin menunjukkan kepada mereka bagaimana benih yang kita tanam di musim semi akan berbuah di musim berikutnya.”

Inilah sebabnya mengapa musim kedua dari program mingguan ini dijadwalkan tayang selama empat bulan, sekitar dua kali lebih panjang dari musim sebelumnya. Program lain yang termasuk dalam kategori ini adalah reality show KBS2 terbaru, The Human Condition, yang diluncurkan akhir bulan lalu dengan subjudul baru, City Farmer. Program ini menampilkan bagaimana koki bintang Choi Hyun-seok dan Jung Chang-wook membudidayakan lahan kecil di atap di Seoul.

“Musim sebelumnya kami berfokus untuk mengurangi berbagai hal dari kehidupan manusia,” kata produser Won Seung-yeon. Tema utama musim lalu adalah ‘membuang’ berbagai kemudahan yang datang dari peradaban mutakhir, dan dalam satu episode, selebriti harus bertahan satu hari tanpa ponsel.

“Namun, musim ketiga adalah tentang ‘menambahkan’,” kata Won. “Ketika pemain terjun ke dunia pertanian, mereka menyadari hal-hal yang tidak mereka lihat, dan mereka menyesuaikan diri dengan itu.”

Bahkan pada hari di mana tidak ada syuting, enam anggota acara ini bergiliran mengunjungi pertanian atap untuk mengurus tanaman. Sangat menyenangkan menonton para petani pemula ini berjalan dengan hati-hati agar tak menginjak tanamannya.

Masih harus dilihat apakah variety show bertema pertanian ini akan bertahan dengan kecepatannya yang relatif lambat. Na mengakui adanya risiko acara ini menjadi “membosankan”, tetapi ia juga memastikan untuk “membuat sebuah program yang pasti akan menarik bagi mereka yang menyukai acara saya sebelumnya.”

Komentar Anda