Memakai Softlens Bisa Mengubah Bakteri di Mata

Orang yang mengenakan softlens atau lensa kontak akan memiliki tiga kali lipat jumlah spesies bakteri tertentu pada permukaan mata mereka dibandingkan dengan orang yang tidak memakai softlens. Kesimpulan dari para peneliti di New York University’s Langone Medical Center itu disampaikan dalam pertemuan tahunan American Society for Microbiology di New Orleans selama akhir pekan.

Gambar SoftlensLebih lanjut, para peneliti menemukan adanya perbedaan dalam komposisi komunitas bakteri pada permukaan mata manusia. Dibandingkan dengan orang yang tidak mengenakan softlens, pada mereka yang mengenakan softlens komposisi ini lebih mirip dengan bakteri pada kelopak mata individu.

Tim juga mencatat bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui apakah perubahan pada bakteri mata ini disebabkan karena jari yang menyentuh mata, atau apakah tekanan softlens bisa mengubah sistem kekebalan tubuh dalam mata.

“Penelitian kami jelas menunjukkan bahwa menempatkan benda asing, seperti lensa kontak, pada mata bukanlah tindakan netral,” kata penulis studi Maria Gloria Dominguez-Bello. Hal ini membantu menjelaskan mengapa orang-orang yang memakai softlens lebih rentan terkena infeksi mata.

Para peneliti mengatakan temuan mereka menguatkan pentingnya para pemakai softlens untuk mencuci tangan mereka sampai bersih sebelum menyentuh mata mereka, mengganti cairan softlens setiap hari, menjaga tempat softlens tetap bersih, dan mengganti softlens seperti yang diinstruksikan oleh dokter.

Komentar Anda