Dua Obat Kanker Efektif Menghentikan Pertumbuhan Tumor

Ada kabar baik bagi para penderita melanoma stadium lanjut. Dalam uji coba internasional yang terbaru, para peneliti telah menemukan bahwa kombinasi dari dua obat kanker, ipilimumab dan nivolumab, mampu menghentikan pertumbuhan tumor selama hampir satu tahun dalam 58 persen kasus.

Gambar ObatPercobaan tersebut melibatkan 945 orang dan menunjukkan hasil yang cukup memuaskan. Tumor menyusut sepertiga pada lebih dari setengah dari pasien dalam jangka waktu rata-rata 11,5 bulan. Kombinasi obat ini bekerja dengan memanfaatkan sistem kekebalan tubuh untuk bereaksi dan menghancurkan tumor ganas.

Para peneliti mencatat bahwa efek samping yang ditimbulkan dapat menjadi masalah yang signifikan untuk ditangani, antara lain ruam, kelelahan, dan diare. Mereka juga tidak sepenuhnya mengetahui mengapa pengobatan ini hanya berhasil pada beberapa orang, bukan pada semua orang.

Kedua obat yang digunakan dalam percobaan ini dikembangkan oleh Bristol-Myers Squibb; Namun, banyak perusahaan farmasi mengembangkan obat sejenis yang memiliki efek yang sama pada sistem kekebalan tubuh. Para peneliti percaya bahwa di masa depan, immunoterapi akan menjadi jenis pengobatan yang efektif untuk mengatasi berbagai jenis kanker.

Komentar Anda