Apakah Anggur Punya Kemampuan untuk Membakar Lemak?

Buah anggur, yang disukai oleh banyak orang karena rasa manis alaminya, mungkin memiliki lebih banyak manfaat kesehatan daripada yang kita ketahui selama ini. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutritional Biochemistry edisi Januari 2015, senyawa yang ditemukan dalam buah anggur dapat membantu tubuh membakar lemak.

AnggurApa kata penelitian itu?

Studi ini menyoroti fitokimia dalam buah anggur muscadine yang disebut asam ellagic sebagai kunci untuk mengurangi lemak perut dan liver yang berbahaya, yang merupakan penyebab awal obesitas, sindrom metabolik, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2.

Dalam ulasan sainsnya, para penulis studi ini mencatat bahwa asupan harian 2,3 miligram asam ellagic per pon berat badan dikaitkan dengan penurunan massa lemak sebanyak 25 persen dan metabolisme gula darah yang lebih baik. Artinya, dibutuhkan 340 miligram asam ellagic per hari untuk orang yang memiliki bobot 150 pound atau 68 kg.

Berapa banyak anggur yang diperlukan?

Anda mungkin tidak dapat mengandalkan buah anggur sendirian untuk memenuhi tingkatan itu. Makanan sumber asam ellagic meliputi buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan, sehingga pendekatan diet total adalah cara terbaik untuk meningkatkan asupan asam ellagic secara keseluruhan.

Selain itu, para penulis penelitian tidak mengatakan apakah asam ellagic itu sendiri yang bermanfaat dalam pembakaran lemak ataukah zat ini merupakan bagian dari matriks kompleks nutrisi intrinsik pada keseluruhan makanan. Karena alasan inilah, mengonsumsi makanan lebih disarankan ketimbang suplemen.

Alasan lainnya untuk menyukai anggur

Penelitian terbaru pada spesies terkait, anggur California, memberikan lebih banyak alasan untuk menyukai anggur. Dua penelitian yang dipresentasikan dalam simposium 2015 Experimental Biology menemukan bahwa anggur dapat meningkatkan metabolisme lemak dan glukosa secara optimal, yang penting bagi orang dewasa yang berada pada tahap prediabetes dan berisiko untuk mengembangkan diabetes tipe 2.

Beberapa orang berpikir buah dan diabetes tidaklah cocok, tapi pendapat ahli berbeda: Temuan ini mendukung rekomendasi American Diabetes Association untuk menikmati buah sebagai pilihan karbohidrat penuh gizi dalam rencana pola makan sehat.

Kesimpulan

Studi pada asam ellagic dalam buah anggur adalah yang pertama dari jenisnya untuk menggambarkan bagaimana senyawa ini bertanggung jawab membakar lemak. Meski tampak menjanjikan, ini masih perlu direplikasi. Sejauh ini, apa yang kita tahu adalah bahwa asam ellagic ditemukan dalam makanan alami nan sehat yang termasuk dalam diet seimbang dengan atau tanpa studi baru ini.

Kabar baiknya, karena anggur adalah buah, maka anggur merupakan sumber karbohidrat yang sehat. Dan yang paling penting, anggur adalah cara yang praktis dan terjangkau untuk menambah nutrisi, baik pada makanan ringan maupun makanan untuk anak-anak dan orang dewasa.

Komentar Anda