Tahukah Anda, Rasa Kedinginan Ternyata Bisa Menular

Jika Anda selalu berpikir bahwa rasa kedinginan bisa menular, tim peneliti dari University of Sussex mengatakan bahwa Anda benar. Mereka menerbitkan sebuah studi yang menunjukkan bahwa bahkan hanya dengan menonton video dari orang-orang yang tampak kedinginan, suhu tubuh Anda benar-benar bisa menurun. Mereka menyebut ini sebagai “suhu penularan.”

KedinginanPara ilmuwan meminta 36 relawan untuk menonton video dari aktor yang menempatkan tangan mereka di salah satu air yang tampak hangat atau dingin. Pada saat yang sama, suhu tubuh relawan diukur. Para peneliti menemukan bahwa tangan para relawan secara signifikan menjadi lebih dingin ketika menonton ‘video dingin’, sedangkan ‘video hangat’ tidak menyebabkan perubahan yang signifikan.

Peneliti utama, Dr. Neil Harrison menyatakan bahwa alasan untuk hal ini adalah karena manusia adalah makhluk sosial. Ia mengatakan, “Meniru orang lain diyakini bisa membantu kita menciptakan model internal dari keadaan fisiologis mereka yang dapat kita gunakan untuk lebih memahami motivasi mereka dan bagaimana perasaan mereka.”

Dr. Harrison menambahkan, “Kita berpikir bahwa ini kemungkinan karena ‘video hangat’ itu kurang kuat -satu-satunya pertanda bahwa air itu hangat adalah uap di awal video dan warna merah muda pada tangan aktor (sedangkan balok es jelas terlihat di sepanjang durasi ‘video dingin’).”

Komentar Anda