Mencuci Daging Ayam Bisa Picu Berbagai Bahaya Kesehatan

Jika berbicara soal praktik kebersihan makanan, kita sering disarankan untuk mencuci sayuran dan buah-buahan mentah sebelum dimasak atau dimakan. Hal ini memang telah lama menjadi praktik kebersihan yang sangat direkomendasikan oleh para ahli keamanan pangan di seluruh dunia.

Mencuci daging ayam

Namun, apakah teknik pembersihan ini juga berlaku pada unggas mentah, termasuk daging ayam? Tidak! U.S. Department of Agriculture telah lama memperingatkan konsumen untuk tidak mencuci unggas sebelum dimasak. Teknik pembersihan ini dapat berbahaya bagi kesehatan kita.

Mengapa kita tidak boleh mencuci daging ayam sebelum dimasak?

Jika Anda berpikir bahwa mencuci ayam akan meningkatkan kehigienisan daging, maka Anda benar-benar salah. Permukaan ayam sering terkontaminasi dengan spesies bakteri Campylobacter dan Salmonella.

Bakteri ini hadir dalam jumlah besar di luar daging. Saat Anda membilas daging ayam di bawah keran, percikan dan tetesan air dari permukaan daging merupakan sumber potensi infeksi.

Praktik mencuci daging ayam menyebabkan bakteri terlepas dari permukaan daging, yang akhirnya dapat tersebar ke seluruh dapur, seperti wastafel, meja makan, dan permukaan lainnya.

Tetesan kecil yang sudah terinfeksi ini bisa bergerak sejauh setengah meter dan tersebar di seluruh tempat. Jika Anda sudah menghidangkan banyak makanan di atas meja dapur Anda, makanan-makanan itu akan cenderung terkontaminasi, yang jika dikonsumsi dapat menyebabkan keracunan makanan.

Singkatnya, membilas daging mentah merupakan praktek yang tidak aman karena dapat menyebabkan kontaminasi silang. Infeksi Campylobacter atau Salmonella (penyakit karena makanan) dari kontaminasi silang ini dapat menyebabkan berbagai gejala seperti demam, sakit perut, mual, muntah, diare, nyeri otot, dan sakit kepala.

Jika Anda benar-benar serius mempraktikkan kebersihan makanan, pastikan untuk memasak daging ayam Anda dengan benar. Memakan daging mentah adalah salah satu penyebab keracunan makanan paling umum. Patogen seperti bakteri tidak dapat menahan panas di atas suhu 70 ºC. Ini adalah cara terbaik untuk menghancurkan bakteri yang hadir pada daging mentah

Keamanan pangan memang penting, tetapi bukan berarti Anda bisa langsung membilas unggas mentah dalam air mengalir. Itu bukanlah cara yang tepat untuk membersihkan daging dan terlebih lagi, membawa banyak risiko kesehatan.

Komentar Anda