Kurang Gerak Bisa Lebih Berbahaya Ketimbang Obesitas

Apakah Anda tergolong orang yang kurang gerak? Kurang gerak bisa diartikan sebagai inaktivitas, alias kurang olahraga dan kurang bergerak. Tak ada yang menyangkal bahaya yang mengintai kesehatan jika seseorang kurang berolahraga. Dan fakta yang lebih empiris menunjukkan bahwa kurang gerak terbukti telah membunuh lebih banyak orang ketimbang obesitas.

Kurang Gerak

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition membenarkan hal itu. Para peneliti di University of Cambridge di Inggris menemukan bahwa sekitar 676.000 kasus kematian di Eropa setiap tahun dikaitkan dengan inaktivitas, sedangkan 337.000 kasus kematian adalah hasil dari obesitas.

Untuk melakukan studi mereka, para ilmuwan meneliti 334.161 orang Eropa selama 12 tahun. Setelah menilai tingkat olahraga dan lingkar pinggang serta mencatat setiap kematian, mereka menemukan bahwa risiko terbesar dari kematian dini terjadi pada mereka yang diklasifikasikan sebagai “tidak aktif.” Ini tetap konsisten di semua kategori berat. Penderita obesitas yang tetap berolahraga berada dalam kondisi kesehatan yang lebih baik daripada mereka yang tidak.

Secara keseluruhan, tim peneliti menyimpulkan bahwa jika seseorang mau berjalan-jalan cepat selama 20 menit sehari, mereka bisa mendapatkan manfaat yang signifikan. Nah oleh karena itu, segeralah bangkit dari segala kemalasan. Kurangi kebiasaan menggunakan kendaraan bermotor dan ganti dengan berjalan kaki. Bersepeda dan jogging juga sangat disarankan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan.

Komentar Anda