Apa yang Dimaksud dengan Alergi Makanan?

Beberapa dari kita mungkin ada yang mengidap alergi makanan. Alergi makanan adalah reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh yang dipicu oleh sesuatu yang kita makan. Respon itu dapat berkisar dari ringan sampai parah, dan dalam beberapa kasus, mengancam jiwa, jika terjadi anafilaksis.

Alergi Makanan

Respon alergi biasanya berlangsung setiap saat dari beberapa menit sampai beberapa jam setelah terpapar alergen. Gejala-gejalanya antara lain gatal dan pembengkakan di mulut atau tenggorokan, muntah, diare, kram perut, gatal-gatal atau eksim, kesulitan bernapas, dan penurunan tekanan darah.

Saat pertama kali Anda terkena alergen makanan, sistem kekebalan tubuh memproduksi antibodi IgE terhadap alergen itu dan beredar melalui darah dan menempel pada sel-sel imun. Ketika di kemudian hari Anda terkena alergen itu lagi, allergen itu akan mengikat antibodi IgE yang menempel pada sel-sel imun tubuh dan memberi sinyal pelepasan histamin dan bahan kimia lainnya secara besar-besaran.

Anafilaksis tidak dapat diprediksi dan selalu berupa kemungkinan ketika seseorang terkena alergen makanan. Anafilaksis perlu segera diobati; itulah sebabnya membawa perangkat auto-injector dengan epinefrin sangat penting bagi siapapun yang menderita alergi makanan. Meski reaksi alergi tampak ringan, ada baiknya Anda mencari bantuan medis. Pasalnya, sangat sulit untuk mengetahui apakah gejala ringan itu akan menyebabkan anafilaksis atau tidak.

Komentar Anda