Waspadai Sirosis Hati, Pembunuh Nomor 12 di Amerika Serikat

Penelitian baru menemukan bahwa kasus sirosis hati ternyata lebih umum di Amerika Serikat daripada yang diperkirakan sebelumnya. Sirosis hati, penyebab kematian nomor 12 secara keseluruhan di AS, menyebabkan penggantian jaringan normal dengan jaringan fibrous yang mencegah hati berfungsi dengan baik.

Sirosis Hati

Beberapa penyebab utama sirosis hati antara lain konsumsi alkohol yang berlebihan -meskipun juga dapat disebabkan oleh hepatitis C- dan kondisi ini dapat menyebabkan gagal hati dan kanker.

Para ilmuwan dari Loyola University Chicago Stritch School of Medicine mengumpulkan data dari survei penduduk AS tahunan untuk memperkirakan prevalensi sirosis hati pada populasi umum di AS, yang sebelumnya dianggap sekitar 400.000 kasus. Ternyata, mereka menemukan ada lebih dari 633.000 orang dewasa di Amerika Serikat yang mengidap sirosis hati, yaitu sekitar 0.27 persen dari populasi.

Para peneliti juga menemukan bahwa sekitar 69 persen orang di Amerika Serikat yang mengidap sirosis hati tidak menyadari bahwa mereka mengidapnya. Para peneliti mengatakan bahwa salah satu keterbatasan dari studi ini adalah bahwa orang-orang dengan penyakit hati ringan kemungkinan dihitung sebagai orang-orang yang mengidap sirosis hati.

Meskipun demikian, hasil penelitian itu, yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Gastroenterology, menunjukkan bahwa masyarakat umum dan kalangan profesional medis harus mengambil langkah-langkah serius untuk membantu mencegah sirosis hati, karena sekitar 50 persen kasus sirosis hati disebabkan oleh faktor-faktor yang sebenarnya dapat dicegah.

Komentar Anda