Tak Ingin Pilek? Jaga Hidung Anda Tetap Hangat

Saat suhu di lingkungan Anda semakin dingin, salah satu penyakit ringan yang sering menyerang adalah pilek. Pilek terkadang sangat menyiksa dan mengganggu aktivitas. Dan salah satu kunci untuk mengurangi resiko terkena pilek adalah dengan cara menjaga hidung Anda dari terkena udara dingin.

Pilek

Para peneliti di Yale University menemukan bahwa tidak hanya sistem kekebalan tubuh yang menjadi kurang efektif dalam cuaca dingin, suhu hidung Anda juga dapat memainkan peran besar dalam seberapa sering Anda bersin-bersin.

Para ilmuwan menguji rhinovirus -satu dari beberapa penyebab utama hidung meler dan bersin- pada suhu hidung standar (33 ºC) dan pada suhu tubuh standar (37 ºC). Mereka menemukan bahwa virus itu lebih mudah direplikasi pada suhu hidung yang lebih rendah dibandingkan dengan suhu tubuh yang lebih hangat.

Tim peneliti juga menemukan bahwa sensor yang mengidentifikasi infeksi dan bahan kimia yang memicu reaksi kekebalan tubuh tidak bekerja dengan baik pada suhu dingin. Artinya, semakin rendah suhu, semakin lemah respon imun.

Karena hidung biasanya lebih sering terkena udara dingin daripada bagian tubuh lain, jelaslah sudah mengapa rhinovirus mampu menginfeksi hidung. Intinya: Jika Anda sedang berjuang melawan pilek atau ingin menghindari pilek, jaga selalu hidung Anda agar tetap hangat.

Komentar Anda