Obat Ajaib Pembuat Kenyang Ternyata Memang Ada!

Obat satu ini pasti sangat diidam-idamkan oleh mereka yang begitu ingin menguruskan berat badan. Sebuah obat yang dirancang untuk membuat tubuh berpikir bahwa ia telah mengonsumsi makanan telah menunjukkan hasil yang efektif dalam penelitian yang dilakukan pada tikus. Intinya, obat ini berupaya ‘menipu’ tubuh, alias: membuat kita merasa kenyang!

MakanPenelitian itu, yang diterbitkan dalam jurnal Nature Medicine, melaporkan bahwa obat percobaan yang disebut fexaramine mampu memicu respon molekul yang menyebabkan asam empedu dirilis dalam usus, meniru respon fisiologis yang biasa dilakukan tubuh setelah kita mengonsumsi makanan.

Pelepasan empedu menyebabkan reaksi kimiawi berantai dari proses tubuh lain yang mengubah gula darah dan membakar sejumlah lemak tubuh. Studi ini menunjukkan hanya sedikit efek samping yang ditimbulkan obat ini dibandingkan dengan pil-pil diet terdahulu karena obat ini tetap berada dalam usus dan tidak memasuki aliran darah.

Peneliti memberikan satu dosis fexaramine selama lima minggu pada tikus-tikus obesitas yang diberi makanan tinggi lemak setiap harinya. Hasilnya, tikus-tikus itu tidak mengalami kenaikan berat badan, mereka malah mengalami penurunan kadar gula darah dan peningkatan jumlah pembakaran lemak coklat. Sedangkan tikus yang tidak diperlakukan serupa tidak menunjukkan adanya perubahan-perubahan tersebut.

Meskipun obat ini belum diuji pada manusia, para peneliti berharap obat sakti ini bisa menjadi cara non-bedah untuk mengobati obesitas di masa depan. Hmm… sangat menarik, bukan?

Komentar Anda