Mitos dan Fakta Seputar Air Kelapa dan Berat Badan

Air kelapa dapat membantu Anda menurunkan berat badan jika Anda meminumnya sebagai pengganti minuman bergula yang tinggi kalori sebagai bagian dari rencana diet kalori rendah Anda. Namun, air kelapa tidak akan secara ajaib membuat lemak hilang. Sebagaimana semua metode penurunan berat badan lainnya yang tidak memiliki dasar ilmiah, jangan terperangkap pada mitos bahwa air kelapa adalah ramuan ajaib penurun berat badan.

Es Degan

Air kelapa dan penurunan berat badan

Tidak ada kandungan dalam air kelapa yang akan membantu Anda mengurangi berat badan. Namun, jika makanan harian Anda mengandung banyak soda, jus buah, dan minuman bergula lainnya, beralilah ke air kelapa karena dapat membantu Anda menurunkan asupan kalori dan menurunkan berat badan dengan cara sehat

Perbandingan kalori

Rata-rata delapan ons soda memiliki 88 kalori dan 24 gram gula. Sebaliknya, delapan ons air kelapa, tanpa tambahan gula, memiliki 46 kalori dan 6 gram gula. Singkirkan semua minuman bergula botolan dan ganti dengan air bebas kalori serta satu atau dua gelas air kelapa. Kelola kalori Anda dengan cara yang sehat agar Anda bisa menurunkan berat badan.

Potensi kenaikan berat badan

Jika Anda terus minum soda dan minuman manis serta tidak mengurangi asupan kalori Anda dengan cara lain, 46 kalori dalam secangkir air kelapa (8 ons) malah akan dapat menambah berat badan Anda. Bila Anda meminum air kelapa sebagai pengganti delapan gelas air putih sehari, seperti yang disarankan beberapa orang, maka ada 368 kalori tambahan per hari yang masuk tubuh Anda. Kalori itu menambah berat badan Anda hampir satu pon (0,45 kg) setiap 10 hari, atau sekitar tiga pound (1,3 kg) per bulan, atau 24 pound (10 kg) dalam setahun.

Asupan sodium

Beberapa orang minum lebih dari 8 gelas air kelapa per hari karena mereka percaya lebih banyak lebih baik, tapi berhati-hatilah dengan jumlah sodium yang akan Anda dapatkan dari minum air kelapa selama beberapa hari. Terlalu banyak sodium dapat meningkatkan tekanan darah Anda serta membuat Anda mempertahankan air dalam tubuh, yang akan meningkatkan berat badan air.

Sifat air kelapa

Tidak ada dasar ilmiah untuk mitos penurunan berat badan dari air kelapa, karena air ini tidak memiliki nutrisi atau sifat magis yang mampu mencairkan kalori atau lemak. Salah satu penelitian yang diterbitkan pada tahun 2006 menunjukkan bahwa air kelapa dapat mempengaruhi metabolisme pada tikus dan menurunkan kolesterol serta kadar lipid lainnya, tetapi tidak ada studi tentang efek air kelapa pada metabolisme manusia.

Komposisi

Air kelapa mengandung nutrisi yang berharga tetapi tidak cukup protein atau zat gizi mikro untuk menggantikan pilihan makanan sehat lainnya dalam program pengurangan kalori dan penurunan berat badan. Salah satu sifat yang menguntungkan adalah bahwa air kelapa memiliki lebih banyak kalium dibandingkan Gatorade, misalnya, yang membuatnya berguna sebagai cairan pengganti kalium setelah olahraga moderat atau setelah serangan diare.

Sekitar 95% air kelapa adalah air dan dalam delapan ons juga mengandung:

Kalium: 600 miligram

Sodium: 250 miligram

Karbohidrat: 8,9 gram

Gula: 6 gram

Protein: 1,7 gram

Lemak: 0,5 gram, tetapi tidak ada kolesterol

Sejumlah kecil berbagai vitamin B dan vitamin C

Sejumlah kecil mineral seperti zat besi, kalsium, selenium, magnesium, fosfor, dan seng

Air kelapa juga mengandung zat biologis lainnya seperti enzim dan fitohormon seperti sitokinin yang penting dalam pembelahan sel tanaman dan pertumbuhan, tapi semua itu belum dipelajari efeknya pada metabolisme atau penurunan berat badan pada manusia.

Sebagai bagian dari rencana diet yang sehat, untuk menjaga diri tetap terhidrasi, nikmati satu atau dua gelas air kelapa yang menyegarkan setiap hari. Jangan meminumnya untuk menggantikan semua air bebas kalori atau pilihan makanan sehat lainnya, serta jangan berharap air kelapa bisa melakukan keajaiban pada berat badan Anda.

Komentar Anda