Memandang Alam Sejenak Bisa Tingkatkan Konsentrasi

Ada kabar baik bagi Anda yang suka memandang alam. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Melbourne di Australia, mengambil istirahat yang sangat singkat (microbreak) dengan cara melihat-lihat sejenak pemandangan alam ternyata dapat membantu meningkatkan konsentrasi secara signifikan.

Pemandangan AlamUntuk melakukan studi mereka, para peneliti menilai kinerja 150 siswa yang mengerjakan tugas mental yang membosankan di blok perkantoran di kota. Para siswa diberi microbreak selama 40 detik di tengah tugas di mana mereka bisa melihat pemandangan di atap. Setengah dari siswa diberikan pemandangan atap berupa padang rumput yang hijau dan berbunga. Sedangkan setengah lainnya diberi pemandangan berupa atap beton yang sangat membosankan.

Hasilnya, siswa yang melihat pemandangan indah membuat lebih sedikit kesalahan secara signifikan dibandingkan siswa yang melihat pemandangan atap beton. Mereka juga menunjukkan konsentrasi yang lebih baik di sesi babak kedua dari tugas membosankan yang mereka terima.

Tim peneliti menekankan pentingnya microbreak dan bagaimana atap hijau tidak hanya menguntungkan lingkungan, tetapi juga mampu meningkatkan konsentrasi para pekerja. Penelitian ini diharapkan bisa mendorong banyak perusahaan besar untuk mulai menerapkan atap hijau di atas gedung perkantorannya, yakni atap yang dipenuhi tanaman hijau yang pastinya sangat ramah lingkungan.

Komentar Anda