Kebiasaan Pesta Miras Bisa Merusak Sistem Kekebalan Tubuh

Ada banyak alasan mengapa kita harus menghindari pesta minuman keras (miras), terlebih jika itu sudah jadi kebiasaan. Menurut sebuah studi baru di Loyola University Chicago Stritch School of Medicine, kebiasaan pesta minuman keras dapat mengganggu fungsi sistem kekebalan tubuh sekaligus membuat seseorang lebih rentan terhadap infeksi.

Pesta MirasDalam rangka mengevaluasi dampak dari pesta minuman keras -didefinisikan sebagai empat minuman untuk wanita dan lima minuman untuk pria selama lebih dari dua jam- para peneliti merekrut delapan pria dan delapan wanita, dengan usia rata-rata 27 tahun, dan meminta mereka minum lima shot (gelas kecil untuk minum anggur) vodka dalam waktu dua jam.

Peneliti kemudian mengambil sampel darah peserta 20 menit setelah mereka mencapai puncaknya keracunan. Awalnya, sistem kekebalan tubuh mereka “aktif,” tapi ketika lebih banyak darah diambil dalam dua dan lima jam kemudian, terlihat bahwa sistem kekebalan tubuh mereka menjadi kurang aktif dibandingkan ketika mereka sedang mabuk.

Kondisi ini tidak hanya akan membuat orang lebih mungkin untuk mengembangkan infeksi, tetapi juga akan mengurangi kemampuan tubuh mereka untuk pulih dari jenis cedera traumatis yang sering dikaitkan dengan pesta minuman keras. Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Alcohol. Nah, sekarang jelas bukan kenapa kita harus selalu menjauhkan diri dari minuman beralkohol, apapun jenisnya.

Komentar Anda