Kebanyakan Jenis Kanker Disebabkan oleh ‘Nasib Buruk’

Jenis kanker yang disebabkan oleh “nasib buruk” -mutasi sel induk secara acak- ternyata jauh lebih banyak daripada jenis kanker yang disebabkan oleh faktor genetik atau lingkungan, menurut sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Johns Hopkins Kimmel Cancer Center.

KankerPara ilmuwan, yang menerbitkan laporan mereka di jurnal Science, menggunakan literatur ilmiah untuk menganalisis 31 jenis kanker. Mereka mengevaluasi pembelahan sel induk dalam setiap jenis kanker dan membandingkan tingkat ini dengan risiko seumur hidup mengembangkan kanker.

Para peneliti akhirnya menyimpulkan bahwa mutasi DNA secara acak selama pembelahan sel menyumbang 65 persen dari jenis kanker dibandingkan dengan 35 persen jenis kanker yang disebabkan faktor keturunan atau lingkungan. Lebih khusus lagi, para peneliti mengatakan bahwa mutasi sel terutama menyumbang 22 dari 31 jenis kanker yang dianalisis, meliputi kanker ovarium, pankreas, tulang dan testis.

Tidak mengherankan, faktor lingkungan memainkan peran yang lebih signifikan dalam kanker tertentu, seperti kanker paru-paru, terkait dengan merokok, dan kanker kulit, terkait dengan paparan sinar matahari. Laporan tersebut juga mencatat bahwa meski sebagian besar kanker disebabkan oleh mutasi sel, gaya hidup yang buruk juga dapat meningkatkan kemungkinan mutasi-mutasi tersebut terjadi.

Komentar Anda