Kopi Cegah Diabetes, Gagal Jantung, Alzheimer, Hingga Kanker

Siapa yang bisa menahan harumnya aroma kopi di pagi hari? Secangkir kopi di pagi hari bisa memberi efek besar untuk menjalani hari. Penelitian modern saat ini membawa banyak kabar baik bagi peminum kopi dan menunjukkan beragam manfaat kesehatan dari minuman istimewa ini. Apa saja manfaat kopi untuk kesehatan?

Kopi

Antioksidan

Pada tahun 2005, Dr. Vinson dari University of Scranton membuat dunia terkagum ketika ia mengumumkan bahwa penelitiannya menunjukkan kopi menjadi sumber antioksidan nomor satu dalam makanan orang Amerika. Ia menyatakan bahwa tidak ada makanan atau minuman lain yang bisa mendekati kehebatan kopi ini. Antioksidan terbukti mampu mencegah kerusakan sel dan menurunkan risiko beberapa jenis penyakit.

Mencegah Diabetes

Beberapa studi menunjukkan adanya penurunan penderita diabetes tipe 2 di antara peminum kopi. Dr. Hu dari Harvard mengulas sembilan studi dan menemukan bahwa subyek yang minum enam sampai tujuh cangkir kopi per hari memiliki peluang 35% lebih kecil terkena diabetes tipe 2 dibandingkan dengan subyek yang minum kurang dari dua gelas per hari.

Mencegah Gagal Jantung

American Heart Association menerbitkan sebuah studi yang menunjukkan hubungan terbalik antara konsumsi kopi harian dan pengembangan gagal jantung. Penelitian menunjukkan mereka yang mengonsumsi rata-rata empat porsi kopi sehari akan mendapatkan perlindungan terbesar dari resiko gagal jantung dibanding mereka yang tidak mengonsumsi kopi.

Mencegah Penyakit Alzheimer

Kopi telah dikaitkan dengan penurunan risiko terkena penyakit Alzheimer dalam beberapa penelitian. Kafein dalam kopi tampaknya bertindak sebagai agen pelindung dalam otak dan bekerja untuk meningkatkan fungsi kognitif.

Mencegah Kanker

American Institute of Cancer Research menyatakan bahwa ada lebih dari 1.000 studi tentang kopi dan dampaknya pada perkembangan kanker. Kopi merupakan sumber fitokimia yang kaya, yang dikenal karena sifat protektifnya. Konsumsi kopi dikaitkan dengan penurunan risiko pengembangan beberapa jenis kanker.

Memperbaiki Suasana Hati

Kopi dapat meningkatkan mood Anda karena kafein diketahui mampu mengikat reseptor di otak yang mempengaruhi suasana hati. Konsumsi kafein dapat meningkatkan pelepasan dopamin neurotransmitter, yang memiliki efek positif pada emosi.

Archives of Internal Medicine edisi September 2011 melaporkan tentang sebuah studi yang menyelidiki wanita dan konsumsi kopi. Penelitian dilakukan selama sepuluh tahun dan menyimpulkan bahwa perempuan yang minum dua sampai tiga cangkir kopi per hari memiliki 15% kemungkinan lebih kecil untuk mengembangkan depresi bila dibandingkan dengan wanita yang kurang mengonsumsi kopi per hari. Angka itu akan naik 20% pada wanita yang minum empat cangkir per hari.

Manfaat Gizi

Kopi memberikan nutrisi penting pada makanan. Secangkir kopi mengandung 11% dari kebutuhan riboflavin (vitamin B2), 2% thiamin dan niacin (vitamin B3), dan 6% asam pantotenat (vitamin B5) harian. Jika peminum kopi mengonsumsi lebih dari satu gelas kopi per hari, prosentase itu dapat berubah menjadi dua atau tiga kali lipat.

Komentar Anda