Empat Mineral dan Vitamin Penting dalam Pisang

Hampir semua orang menyukai buah satu ini, tapi sebagian dari kita mengonsumsinya hanya sebagai buah camilan ketimbang makanan harian. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis terkadang membuat kita lupa bahwa pisang kaya akan vitamin dan penuh dengan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk tetap sehat dan kuat. Apa saja sih nutrisi utama pisang?

Pisang

1. Mangan

Mangan adalah salah satu mineral yang kurang populer pada label nutrisi suplemen mineral. Biasanya mangan tercantum di bagian bawah daftar. Tak heran, kita cenderung lupa bahwa kita membutuhkannya. Menurut Linus Pauling Institute di Oregon State University, pisang adalah salah satu sumber mangan terbaik.

Mangan membantu mendorong penyembuhan luka dan memicu metabolisme, sehingga pisang bisa menjadi makanan ringan yang ideal pasca olahraga. Beberapa lembaga penelitian juga mengungkapkan bahwa orang yang secara teratur mengonsumsi makanan yang mengandung mangan memiliki resiko yang lebih rendah terkena stroke, serangan jantung, osteoporosis, dan penyakit-penyakit lain yang ingin kita hindari.

2. Vitamin B6

Pisang juga kaya vitamin B6, elemen penting dari setiap makanan sehat. National Institutes of Health (NIH) menyerankan setiap orang dewasa untuk mengasup sekitar satu setengah miligram vitamin B6 setiap hari. Sebuah pisang dapat memberikan sekitar sepertiganya.

Tingkat penyerapan vitamin B6 dalam suplemen makanan tidak sama dengan vitamin B6 dalam makanan. Mengonsumsi pisang sekali sehari dapat mengurangi resiko terserang beberapa jenis kanker dan meningkatkan fungsi kognitif. Bagi wanita, B6 dapat mengurangi gejala sindrom pramenstruasi. Zat ini juga secara signifikan mengurangi morning sickness selama kehamilan.

Vitamin-vitamin dalam keluarga B bisa jadi sulit didapatkan jika Anda adalah seorang vegetarian, jadi pilihlah pisang untuk membantu menjembatani kesenjangan ini jika Anda memang sedang menjauhkan diri dari segala produk hewani.

3. Tembaga

Anda hanya perlu sedikit tembaga untuk memenuhi kebutuhan harian Anda, dan pisang akan membantu Anda mencapai tujuan tersebut. Tembaga mampu bekerjasama dengan besi untuk membantu merangsang perkembangan sel darah merah. Pisang adalah salah satu dari beberapa makanan yang merupakan sumber tembaga yang baik.

4. Vitamin C

Jeruk dan buah sejenisnya mendapatkan banyak perhatian karena menjadi sumber vitamin C yang besar, tapi pisang juga dipenuhi zat ini. Pisang berukuran sedang memiliki sekitar 15 persen dari kebutuhan harian Anda. Jadi memakan satu buah pisang saat sarapan adalah cara yang tepat untuk mendapatkan cukup vitamin C setiap hari.

Vitamin C meningkatkan kekebalan terhadap demam, mengurangi peradangan, dan memperlambat penuaan pada kulit. Jadi jangan ragu-ragu lagi. Penelitian terbaru dari University of Kansas menunjukkan bahwa vitamin C bahkan dapat membunuh sel kanker!

Komentar Anda