Beberapa Manfaat Tersembunyi Madu yang Jarang Diketahui

Madu adalah makanan manis yang dibuat oleh lebah dari nektar bunga. Substansinya terdiri atas campuran kompleks air, karbohidrat, dan senyawa kecil lainnya seperti protein, vitamin, dan mineral. Madu telah digunakan selama ribuan tahun oleh manusia karena berbagai kebaikan yang dikandungnya.

Madu

Cortes, Vigil, dan Montenegro (2011) menemukan banyak manfaat tersembunyi madu bagi kesehatan manusia. Misalnya, madu dapat menghambat proses penuaan dengan meningkatkan pertahanan melawan stres oksidatif. Konsumsi madu dapat membantu menstabilkan radikal bebas dalam tubuh yang menyebabkan kerusakan sel dan kematian.

Madu juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Madu telah dikenal dapat memicu respon terhadap infeksi dan bertindak sebagai agen anti-inflamasi. Kapasitas antimikrobanya bahkan telah membuat beberapa orang merekomendasikannya untuk merawat luka.

Resistensi insulin, diabetes, dan obesitas meningkat di seluruh dunia. Salah satu hal yang paling menarik tentang madu adalah perannya yang akan dijalaninya suatu hari terhadap diabetes. Madu alami dapat menjadi sumber energi yang bisa jadi sangat baik bagi orang-orang yang memiliki penyakit ini. Para ilmuwan menemukan bahwa dibandingkan dengan glukosa dan sukrosa, konsumsi madu dapat mengurangi kadar glukosa dalam tubuh.

Satu guci yang berisi residu madu telah ditemukan di makam Firaun. Lukisan gua yang menunjukkan manusia purba sebagai penjaga lebah telah ditemukan di seluruh dunia. Madu adalah makanan yang bukan hanya sudah teruji waktu, tetapi para peneliti juga terus menemukan manfaatnya sebagai makanan dan obat.

Komentar Anda