9 Fakta Paling Penting Tentang Buah Alpukat

Alpukat adalah buah yang istimewa. Rasa lezatnya ternyata menyimpan banyak sekali nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh. Tak heran buah satu ini sudah dikonsumsi manusia sejak ribuan tahun silam. Sebagai ‘pabrik’ gizi yang sempurna, alpukat bukan hanya wajib dikonsumsi secara rutin, tapi juga wajib ada di setiap dapur rumah. Yuk kita baca apa saja hal menarik seputar buah ini.

Alpukat

1. Manusia sudah memakan alpukat lebih dari 10.000 tahun

Alpukat berasal dari Amerika. Bukti pertama dari penggunaannya ditemukan di Puebla, Meksiko, sekitar 10.000 tahun yang lalu. Ketika orang Eropa tiba, mereka melihat orang-orang dari Amerika Selatan sampai Meksiko menanam alpukat sebagai makanan pokok di kebun keluarga mereka. Pohon dan buah alpukat memiliki makna spiritual dalam masyarakat Maya dan Aztec. Mereka percaya alpukat mampu memberi mereka kekuatan.

2. Banyak orang menganggap alpukat sebagai sayuran

Meskipun berwarna hijau dan sering dianggap sebagai sayuran, alpukat dikategorikan sebagai buah. “Kacang” di dalam buah alpukat sebenarnya bijinya. Jika Anda memiliki sedikit lahan, Anda dapat menanam biji itu dan menumbuhkan pohon alpukat sendiri.

3. Alpukat sarat nutrisi, lemak “baik”, dan memiliki lebih banyak kalium dibandingkan pisang

Satu setengah buah alpukat (porsi rata-rata) mengandung 4,6 gram serat dan vitamin B penting seperti folat dan vitamin B6. Buah ini juga mengandung 345 mg kalium -jauh lebih tinggi dari dari pisang. 71 persen dari minyak alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal. Lemak “baik” ini bermanfaat bagi jantung Anda, menormalkan pembekuan darah, dan bahkan membantu mengontrol kadar gula darah jika dipakai sebagai pengganti karbohidrat dalam makanan.

4. Makan alpukat bisa menurunkan resiko terkena beberapa jenis kanker

Karotenoid adalah senyawa dengan aktivitas antioksidan tinggi yang saat ini sedang dipelajari karena kemampuan anti-kankernya. Studi awal menunjukkan bahwa karotenoid mungkin memiliki potensi untuk membantu mencegah kanker payudara, lambung, mulut, dan prostat. Dipasangkan dengan lemak sehat dalam alpukat, senyawa yang larut dalam lemak ini lebih mungkin untuk diserap ke dalam aliran darah di mana mereka dapat memberikan manfaat besar.

5. Alpukat menyehatkan jantung

Makanan yang diperkaya dengan alpukat dapat menurunkan LDL, atau kolesterol “jahat”, menurut penelitian. Kolesterol LDL dapat menyebabkan pengerasan arteri, salah satu faktor utama serangan jantung dan stroke.

6. Alpukat dapat meringankan osteoarthritis

Alpukat dapat mengurangi rasa sakit dan kerusakan arthritis. Beberapa studi menunjukkan bahwa ekstrak tertentu dari alpukat dan kedelai bisa membantu mengobati gejala osteoarthritis (OA). Ekstrak tersebut juga telah terbukti mampu mengurangi kebutuhan seseorang akan obat anti-inflamasi yang umum pada para penderita OA.

7. Krim wajah yang mahal dapat diganti alpukat

Lemak dalam alpukat tidak hanya baik untuk jantung Anda, tetapi juga dapat membantu mengurangi kerusakan kulit. Kerusakan akibat sinar matahari dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit, seperti keriput. Penelitian menunjukkan alpukat dapat meningkatkan perbaikan DNA dan mengurangi kerusakan UV yang ada. Ini berarti Anda bisa mendapatkan manfaat anti-penuaan tanpa menghabiskan banyak uang untuk membeli serum atau krim kecantikan terbaru.

8. Orang yang makan alpukat hidup lebih sehat

Kabar baik jika Anda sudah makan banyak alpukat: Anda akan lebih mudah untuk menjadi orang yang sehat. Studi menunjukkan bahwa pemakan alpukat biasa juga makan lebih banyak sayuran, sedikit gula, dan memiliki pola makan lebih baik secara keseluruhan. Mereka memiliki berat badan dan lingkar pinggang yang lebih rendah. Sindrom metabolik, faktor risiko penyakit jantung dan diabetes, akan menjadi 50 persen lebih rendah pada orang yang suka makan alpukat.

9. Alpukat adalah cara murah untuk meringankan psoriasis

Menurut American Academy of Dermatology, lebih dari tujuh juta orang di Amerika Serikat menderita kondisi kulit psoriasis kronis. Obat resep adalah pengobatan yang paling umum, tetapi alpukat juga bisa membantu. Para ilmuwan telah menemukan fakta bahwa krim yang mengandung vitamin B12 dan minyak alpukat dapat memberikan manfaat yang signifikan tanpa efek samping.

Komentar Anda