Kafein Ternyata Bisa Kurangi Kemungkinan Disfungsi Ereksi

Mengonsumsi kafein setiap hari ternyata dapat mengurangi kemungkinan disfungsi ereksi (DE), menurut data dari sebuah studi yang baru-baru ini diterbitkan. Peneliti menganalisis informasi makanan untuk memperkirakan asupan kafein harian 3.724 pria yang berpartisipasi dalam National Health and Nutrition Examination Survey.

Kafein

Penelitian itu, yang diterbitkan dalam PLoS ONE, menyimpulkan bahwa pria kemungkinan akan mengalami penurunan risiko terkena DE jika mereka mengonsumsi kafein dalam dosis harian kira-kira setara dua sampai tiga cangkir kopi, atau 170-375 mg per hari.

Secara khusus, pria yang minum 171-303 mg kafein per hari mengurangi risiko DE sebesar 39 persen dan pria yang mengonsumsi kafein harian 85-170 mg mengurangi risiko DE sebesar 42 persen. Adapun mereka yang minum 7 mg atau kurang per harinya mengurangi risiko DE hanya sebesar 1 persen, menurut penelitian itu.

Para peneliti menemukan korelasi yang sama pada pria obesitas dan kelebihan berat badan, serta pria dengan tekanan darah tinggi, tetapi tidak pada mereka yang terkena diabetes. Studi ini mencatat bahwa hasil penelitian bukan merupakan bukti untuk tren ini, tapi hubungan ini (kafein-DE) dipastikan akan diselidiki lebih lanjut dalam studi-studi mendatang.

Komentar Anda