Sekelumit Fakta Unik tentang Spanyol

Tak semua orang Spanyol adalah penutur asli bahasa “Spanyol” (Kastilia). Pada kenyataannya, ada empat bahasa resmi di Spanyol (Kastilia, Catalan, Basque dan Galisia), tiga bahasa daerah tidak resmi (Asturian, Aragon dan Aranese), dan beberapa dialek (Andalusia, Valencia, dan lainnya). Namun hampir semua orang Spanyol dapat berbicara dalam bahasa Kastilia Spanyol.

Matador

Tahukah Anda?

Real Madrid dan FC Barcelona menduduki peringkat sebagai dua klub sepak bola terkaya di dunia sejak musim 2008-09. Real Madrid telah menduduki posisi atas Deloitte Football Money League sejak musim 2004-05.

Menurut World Drug Report, Spanyol memiliki tingkat konsumsi kokain per kapita tertinggi di dunia (3,1% dari populasi pada tahun 2010), dan prevalensi tahunan ganja tertinggi ketiga di Eropa (10,6% pada tahun 2010).

Orang Spanyol adalah pendengar radio paling antusias di Eropa.

Memiliki sebuah rumah sangat penting bagi orang Spanyol, dan memang sekitar 80% rumah tangga Spanyol memilikinya -salah yang tertinggi di Eropa. 65% dari mereka tinggal di apartemen, yang merupakan proporsi tertinggi di Uni Eropa. Orang Spanyol juga memiliki tingkat tertinggi kepemilikan rumah kedua di Uni Eropa. Spanyol memiliki tingkat kepadatan penduduk terendah ketiga di Uni Eropa (setelah Belanda dan Siprus).

Pada tahun 2004, Spanyol membangun perumahan per kapita lebih banyak dibandingkan dengan negara lain. 750.000 rumah baru dibangun di seluruh negeri, lebih banyak dari gabungan rumah baru di Jerman, Perancis, dan Italia.

Orang Spanyol memiliki ritme kehidupan yang sama sekali berbeda dengan orang Eropa lainnya. Mereka biasanya makan siang antara pukul 1 dan 3 sore, makan malam sekitar pukul 10 malam, dan jarang tidur sebelum jam awal malam. Prime time TV di Spanyol dimulai pada pukul 10 malam dan berlangsung sampai pukul 1 pagi. Demikian juga puncak pendengar radio terjadi di pagi hari sekitar pukul 10.

Spanyol secara tradisional adalah negara yang kuat agamanya (Katolik Roma). Namun, hanya 76% dari orang Spanyol sekarang yang mengidentifikasi diri mereka sebagai umat Katolik, dan hanya sekitar 20% yang rutin pergi ke gereja. Karena imigrasi baru-baru ini, 3% dari populasi Spanyol kini adalah orang Islam.

Kebudayaan-kebudayaan berbahasa Spanyol telah berkontribusi besar pada perkembangan gaya tarian baru, seperti Flamenco (terinspirasi oleh budaya Andalusia, Islam, Sephardic, dan Gypsy), Merengue (Hispano-Afrika), Salsa, Mambo dan Cha-cha-cha (Afrika dan Kuba), Rumba (Afrika, Amerindian dan Spanyol), dan sebagainya.

Budaya Spanyol sangat mempengaruhi seni modern dari akhir era 1800-an dengan sejumlah seniman besarnya seperti Antoni Gaudi (Art Nouveau), Pablo Picasso (ekspresionisme, kubisme, surealisme), Joan Miró (surealisme), dan Salvador Dalí (surealisme).

58 juta wisatawan pergi ke Spanyol setiap tahun, menjadikannya negara keempat di dunia yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Industri pariwisata Spanyol bernilai sekitar 40 miliar euro, atau sekitar 5% dari PDB Spanyol.

Komentar Anda