Asal Usul Anjing Beagle

Beagle adalah anggota kelompok anjing pemburu dan merupakan anjing paling populer kelima di Amerika. Peranakan ini memiliki asal-usul yang bisa ditelusuri hingga sekitar 2.500 tahun yang lalu. Saat ini, indera penciuman Beagle yang tajam menjadikannya sebagai pilihan yang populer untuk dipekerjakan di pengamanan bandara. Sementara sifat, ukuran, serta kesehatannya yang prima membuat Beagle menjadi pilihan umum untuk dijadikan hewan peliharaan keluarga.

Anjing Beagle

Sejarah

Beagle modern pertama berasal dari Inggris pada tahun 1830, tetapi nenek moyang Beagle dapat ditelusuri hingga sekitar 2.500 tahun di Yunani kuno ketika William Sang Penakluk mengembangkan Talbot Hound untuk menciptakan Southern Hound. Di abad pertengahan, pemburu menggunakan anjing yang disebut “Pocket Beagle” yang bisa muat di saku pemburu dan bisa dilepaskan setelah anjing yang lebih besar memojokkan mangsa di area yang hanya bisa dicapai oleh anjing kecil. Raja Henry VII dan Ratu Elizabeth I adalah penggemar berat Pocket Beagle yang akhirnya punah pada sekitar tahun 1900.

Pada tahun 1700-an, North Country Beagle dan South Hound adalah dua peranakan yang digunakan untuk berburu kelinci dan merupakan nenek moyang utama Beagle. Kedua peranakan ini dicampur dengan Foxhound ketika kegiatan berburu rubah menjadi olahraga populer di Inggris. Pada tahun 1830, dasar Beagle modern muncul ketika Pendeta Phillip Honeywood dari Inggris mulai mengembangkan peranakan anjing yang secara perlahan menjauh dari North Country Beagle dan South Hound. Anjing beagle pertama ukurannya lebih kecil dan memiliki lapisan bulu putih bersih.

Sejak tahun 1840-an, Beagle sudah memiliki empat variasi:

1. Beagle medium

2. Beagle kerdil

3. Beagle rubah

4. Beagle terrier

Mendekati tahun 1900, jumlah anjing Beagle telah meningkat dan standar untuk peranakan ini telah dicatat. Jenderal Richard Rowett dari Amerika Serikat mengimpor anjing Beagle ke rumahnya di Illinoise, di mana ia mulai mengembangbiakkan Beagle dan membantunya diakui oleh American Kennel Club (AKC) pada tahun 1884.

Komentar Anda