Apakah Fobia Terhadap Wanita Cantik Benar-benar Ada?

Semua orang takut akan sesuatu atau yang lain. Beberapa ketakutan hanyalah bentuk kegelisahan yang menghinggapi seseorang untuk sementara waktu dan akhirnya menghilang, sementara yang lainnya begitu sengit hingga menyebabkan kecemasan yang luar biasa sampai pada titik mengganggu kehidupan sehari-hari. Ketakutan irasional dan psikologis seperti itu dikenal sebagai fobia.

Wanita Cantik

Di antara banyak fobia, orang yang terkena fobia sosial harus menghadapi ketakutan mereka sendiri setiap hari. Oleh karena itu, mengatasi ketakutan mereka menjadi sesuatu yang tak terelakkan. Salah satu fobia sosial yang mempengaruhi pria adalah Venustraphobia atau gynephobia. Saat ini, banyak pria dan beberapa wanita terintimidasi oleh wanita cantik karena alasan yang bervariasi, tapi fobia ini menyebabkan ketakutan yang terlalu ekstrem hingga perilaku sosial, pribadi, dan profesional banyak pria dan beberapa wanita juga akan terpengaruh.

Apa itu Venustraphobia?

Tata

Venustraphobia berasal dari kata perangkap Venus yang merujuk pada tanaman Venus pemerangkap lalat (Venus flytrap) dan fobia, yang berarti takut. Secara ilmiah, seperti yang disebutkan sebelumnya, fobia ini disebut caligynephobia. Istilah ini tersusun atas tiga kata bahasa Yunani: cali berarti kecantikan, gyne berarti wanita, dan phobos berarti ketakutan, jika disatukan berarti takut akan wanita cantik.

Kemungkinan penyebabnya

Banyak psikolog percaya bahwa fobia sering timbul dari peristiwa traumatis yang dihadapi seseorang pada usia dini. Pelecehan seksual, fisik, atau verbal, hubungan yang gagal atau penolakan oleh perempuan, atau pembullyan, semua bisa berkontribusi menjadi akar penyebab fobia ini dan banyak fobia sosial lainnya.

Rendah diri, rasa malu, takut ditolak, rasa tidak aman, miskin harga diri, masalah kepercayaan diri, memperbesar ketakutan ini. Orang yang menderita caligynephobia umumnya takut menjadi malu, terhina, dan dikritik dalam situasi sosial. Fobia sosial seperti ini sifatnya mendalam dan dapat muncul hanya dengan melihat seorang wanita cantik.

Tanda dan gejalanya

Serangan kecemasan
Sesak napas
Hiperventilasi
Bernapas cepat
Detak jantung tidak teratur
Takut kehilangan kontrol
Mual
Mulut kering
Ketidakmampuan untuk mengartikulasikan kata-kata dan kalimat
Berkeringat secara berlebihan

Cara mengatasi venustraphobia

Karena kebanyakan fobia adalah kondisi berbasis psikologis, pengobatan untuk setiap individu akan bervariasi sesuai dengan kondisi jiwa atau mental yang bersangkutan. Pendekatan utama untuk menentukan akar penyebab ketakutan ini adalah konseling. Beberapa pilihan lain yang disebutkan di bawah ini bisa membantu orang mengatasi fobianya.

Pelatihan keterampilan sosial
Hypnotherapy
Neuro-Linguistic Programing (NLP)
Terapi eksposur atau teknik flooding
Desensitisasi
Psikoterapi kognitif-perilaku

Meskipun Venustraphobia bersifat langka dan unik di antara berbagai jenis fobia, jika tidak ditangani dengan benar maka dapat menyebabkan penderitanya mengalami banyak kesusahan dan ketidaknyamanan sosial. Bimbingan, pemahaman, cinta, dan dukungan dari orang terdekat dan tersayang dapat membantu seseorang mengatasi fobianya.

Komentar Anda