Curhatan Lee Jong-suk Mulai dari Perasaan Hingga Karir

Baru-baru ini Lee Jong-suk bertolak ke Maui, Hawaii, untuk melakukan pemotretan dengan Allure Korea. Bintang drama Doctor Stranger dan Pinocchio ini tampak begitu ceria bergaya di depan kamera. Di sela-sela kesibukannya, Allure sempat mewawancarai Lee seputar kehidupannya, mulai dari perasaan hingga karirnya. Nah berikut kami tampilkan isi curhatan panjang Lee Jong-suk dengan Allure.

Jong Suk

T: Ini adalah pertama kalinya Anda melakukan pemotretan di Maui, bukan?

J: Iya. Ini juga pertama kalinya saya ke Hawaii. Saya dihempas angin yang sangat kuat dan berbaring di pasir dan melakukan berbagai hal untuk pemotretan, haha. Tapi perjalanan ke Maui cukup sulit. Pantat saya sangat sakit.

T: Anda tidak beristirahat ketika Anda mengerjakan proyek Anda, dan sekarang Anda harus mengambil istirahat panjang.

J: Karena perbedaan waktu, saya sudah bangun pukul 5 pagi. Saya membaca skenario tiga kali. Dan rasanya menyenangkan untuk ke luar ke tempat terbuka dan berbaring di sunbed. Saya tidak tahu apa yang harus saya lakukan untuk beristirahat sekarang sampai saya mengambil istirahat begitu lama.

T: Tidak ada yang ingin Anda lakukan ketika Anda datang ke Hawaii?

J: Tidak ada tempat khusus yang ingin saya kunjungi. Sejak saya di sini, saya ingin mencoba makan makanan mereka yang terkenal atau cukup pergi ke mana saja. Tapi tanggungan akan tugas sebenarnya cukup melelahkan. Ketika saya pergi ke London, saya mencoba jalan-jalan untuk pertama kalinya. Saya pergi ke sekitar untuk melihat ini itu, dan saya menyadari bahwa itu menarik.

T: Anda berada di usia di mana Anda harus menikmatinya, tapi sedikit menyedihkan untuk mengatakan bahwa tidak ada yang ingin Anda lakukan.

J: Setelah debut saya, saya bekerja terus menerus dan tidak beristirahat. Saya hanya di rumah selama dua minggu dan beberapa waktu yang lalu saya mulai berkuda dan mendaki. Saya tidak melakukan apa-apa di luar berolahraga. Saya belajar mendaki sebelumnya ketika saya sedang syuting untuk iklan bir. Untuk berkuda, saya akan mempelajarinya sehingga saya bisa melakukan peran naik kuda suatu hari nanti.

T: Ketika Anda berada di rumah, hobi Anda hanya menonton televisi. Semua hobi Anda terkait dengan akting.

J: Terakhir kali saya menonton drama dan film, tetapi baru-baru ketika saya menonton akting seorang aktor, saya akan membayangkan syutingnya dan menjadi bagian dari pemainnya sehingga rasanya sulit. Jadi baru-baru ini, saya kebanyakan menonton program variety show.

LJS

T: Saya menemukan dan melihat wawancara Anda sebelumnya, saya punya dua pikiran. Milikilah kehidupan yang lebih menyenangkan dan jangan terlalu keras pada diri sendiri.

J: Saya sering mendengar kata-kata seperti itu. Selama syuting I Hear Your Voice, saya mengumpulkan popularitas dan tiba-tiba menerima banyak perhatian, jadi saya memiliki rasa yang luar biasa tentang beban proyek berikutnya. Saya aslinya sangat mudah khawatir dan memiliki kepribadian introvert, dan sementara saya berakting, (pembawaan) itu sedikit berkurang, tetapi karena menumpuk selama bertahun-tahun, rasanya saya seperti kembali ke awal. Ketika saya masih pemula dan pergi ikut audisi, saya kadang-kadang memiliki kepercayaan diri, tapi sekarang saya menjadi lebih gugup. Ketika saya memiliki pekerjaan, saya akan berpikir “jangan membuat malu.”

T: Hal ini rasanya seperti Anda naik ke tempat yang Anda inginkan dan tidak ada kekhawatiran, tapi kekhawatiran lainnya akan segera datang.

J: Sebenarnya, bahkan tidak sekalipun saya merasa nyaman. Rasanya seperti ada kekhawatiran baru yang lahir pada setiap periode waktu.

T: Bagaimana dengan pergi ke luar dan bertemu teman-teman?

J: Saya ingin melakukan itu juga, tapi saya tidak punya teman. Lebih baik jika saya tidak bertemu orang yang saya merasa sedikit tidak nyaman dengannya. Saya telah melakukan banyak proyek jadi saya telah bertemu banyak orang, tetapi sangat jarang kami tetap berhubungan setelah berjalannya waktu.

T: Ini adalah pertama kalinya saya mendengar bahwa Anda tidak menghubungi orang lain.

J: Saya suka para sunbae, tetapi kemudian saya acuh tak acuh dan tidak tahu bagaimana cara menghubungi mereka dengan baik. Tampaknya kasar, tapi ketika kami berbicara di telepon dan ada keheningan, rasanya seperti ada penghalang dan saya sangat tidak nyaman dengan itu. Ketika Anda berbicara di telepon, memikirkan tentang apa yang harus dikatakan selanjutnya adalah hal yang tidak nyaman, maka akan lebih baik jika saya tidak melakukannya. Ketika saya di rumah dan saya perlu berbicara dengan CEO dan kepala departemen dari perusahaan tentang pekerjaan, saya akan mengirim pesan teks.

T: Maka bukankah Anda kesepian?

J: Saya kesepian. Saya kesepian sampai tingkat ketidaknyamanan. Tapi saya terbiasa dengan hal itu. Ketika saya bosan berada di rumah dan ingin pergi ke luar, tidak ada yang bisa saya temui. Pada saat itu, saya hanya akan pergi ke kafe internet. Kafe internet adalah tempat di mana Anda tidak akan terlihat aneh bahkan jika Anda sendirian. Ketika saya masih pemula, saya sering pergi ke sana ketika saya tidak punya pekerjaan. Ketika saya pergi ke sana, saya akan berpikir tentang masa lalu.

T: Anda selalu tersenyum. Bahkan ketika Anda berbicara tentang kesepian.

J: Dapat dikatakan bahwa saya menggunakan wajah tersenyum saya untuk mengatasi kurangnya kemampuan sosial saya, haha. Orang-orang yang telah bekerja dengan saya mengatakan bahwa saya punya banyak aegyo. Pada awalnya, saya berkata “Benarkah? Saya memiliki aegyo?”, Tapi mungkin itu adalah metode yang secara sadar saya pelajari untuk beradaptasi dengan masyarakat.

T: Ketika berakting, Anda bilang Anda begitu lelah hingga bisa mati. Tapi apa alasan Anda tetap bekerja sampai lupa beristirahat?

J: Ketika saya syuting, saya sering sangat lelah sampai saya mengatakan bahwa saya merasa seperti sekarat. Karena saya tidak bisa tidur, rasanya sakit pada tubuh saya, tapi ada rasa kepuasan aneh ketika saya menonton tayangan saya. Kehidupan Lee Jong-suk sangat membosankan dan tak bernyawa, tapi karakter yang diperankannya mengalami hari yang bermakna. Ini seperti sebuah kepuasan pengganti.

T: Dibandingkan dengan aktor lain di usia yang sama, filmografi Anda sangat luar biasa.

J: Baru-baru ini, saya terus menonton karya-karya yang telah saya lakukan sebelumnya. Dari I Hear Your Voice ke Doctor Stranger dan Pinocchio, akting saya telah berubah dan tampaknya wajah saya juga telah berubah. Ketika syuting Doctor Stranger, saya punya pikiran seperti “Mengapa plot berlangsung seperti ini?” Dan “Mengapa karakter bertindak seperti ini?”, Tapi ketika saya melihatnya sekarang, itu menjadi menarik. Saya sedang syuting film No Breathing ketika saya syuting I Hear Your Voice dan saya tidak punya tenaga. Itu sangat melelahkan tapi semua berjalan dengan baik. Itu bukan hanya sebuah fantasi, tapi itu pasti memiliki pesan untuk disampaikan. Pinocchio adalah proyek bagus seperti itu juga.

T: Kita harus berbicara tentang kemampuan Anda memilih proyek.

J: Saya seorang pecandu drama. Selera saya sangat mainstream dan hal-hal yang menurut orang bagus, akan bagus juga menurut saya, sehingga tampaknya saya memilih proyek yang juga disukai oleh masyarakat umum. Sebenarnya, di antara film-film yang diakui di festival film internasional, ada banyak yang sangat sulit untuk dipahami, dan ada banyak juga yang tidak bisa saya mengerti mengapa itu dikatakan menarik, haha.

T: Tapi bahkan di bawah kriteria itu, terlihat bahwa Anda sedang mencari karakter baru.

J: Saya akan mencari karakter yang menarik dengan standar saya, tetapi tidak akan mencari karakter yang aman. Sebuah alasan besar mengapa seorang aktor memiliki ‘ruang kosong’ panjang (jangka waktu tidak bekerja) adalah karena mereka takut kehilangan apa yang mereka miliki. Ketika Anda mempertimbangkan ini dan itu, waktu akan berlalu. Kebalikannya, saya lebih suka menggunakan waktu itu untuk menjalankan proyek.

T: Apakah ada alasan mengapa Anda menjauhi program variety show?

J: Undangan dari Healing Camp datang. Jika saya ke sana, saya harus berbicara tentang kisah hidup saya, tapi saya masih muda dan tidak banyak hal yang bisa diceritakan. Karena tidak ada banyak hal untuk diceritakan, rasanya tidak sopan juga kepada penonton. Tapi tampaknya penggemar saya kecewa mereka tidak bisa melihat saya di luar pekerjaan saya. Saya merasa seperti memiliki tanggung jawab untuk melakukan sesuatu.

T: Anda membuka Instagram juga karena itu?

J: Itu benar. Terakhir kali, saya biasa menggunakan me2day dan ketika yang saya menulis saya sadar saya mulai menggerutu. Namun untuk menghindari agar tulisan itu tak ditafsirkan secara berlebihan, saya berhenti. Tapi penggemar penasaran dengan kehidupan saya, jadi saya harus melakukannya, sehingga dari waktu ke waktu saya akan memposting di Instagram untuk menyatakan saya masih hidup.

T: Apakah ada aktor yang ingin Anda ajak berduet?

J: Sepertinya saya lebih cocok dengan aktor laki-laki yang memiliki fisik lebih kasar. Dalam School 2013, tidak ada hal melo tapi alasan mengapa Woo-bin dan saya mendapat julukan “bromance” adalah karena ia lebih maskulin sedangkan saya merasa sedikit lebih feminin.

T: Apakah Anda masih mendapat pelajaran akting dengan aktor pemula?

J: Karena tidak ada kesempatan untuk melihat aktor yang berbeda berakting dengan naskah yang sama, saya jadi sangat ingin tahu bagaimana orang lain menggambarkan adegan ini dan nada yang mereka akan gunakan. Juga, saya merasa pulih kembali ketika saya mengambil kelas akting.

T: Bagaimana rasanya? (mengacu pada pelajaran akting)

J: Saya banyak berpikir tentang masa lalu. Masa di mana saya bermimpi menjadi seorang aktor dan dimarahi oleh guru dan belajar pada saat yang sama. Sekarang saya masih belajar dari guru yang sama seperti yang saya lakukan ketika saya masih seorang aktor pemula, dan sikapnya terhadap saya tidak berubah. Tapi ketika aktor pemula lainnya menatap saya dengan pandangan “Mari kita lihat seberapa baik Anda melakukannya,” itu sedikit menakutkan.

T: Anda adalah orang yang lebih berani dan lebih agresif dari yang Anda pikirkan.

J: Itu adalah apa yang harus saya lakukan, jadi saya seperti itu karena hal itu berkaitan dengan akting. Selain itu, saya sangat pasif.

T: Jika Anda sedang stres, tidak peduli seberapa stresnya, Anda harus melepaskannya, bukan?

J: Tentu saja, karena saya tidak punya cara untuk melepaskannya, rasanya seperti saya memiliki penyakit dalam, dan gejala itu tidak saya miliki ketika saya berakting. Sebagai contoh, baru-baru ini, wajah saya berubah merah dengan sangat mudah. Ketika emosi saya berubah sedikit saja, wajah saya akan berubah menjadi merah. Hal ini membuatnya sangat menyedihkan ketika saya berakting. Saya tidak seperti ini ketika saya masih menjadi aktor pemula, saya tidak tahu mengapa seperti itu sekarang.

T: Melucuti image “pretty boy” juga merupakan topik yang perlu diurusi Lee Jong-suk dengan benar, bukan?

J: Terakhir kali saya akan berpikir untuk cepat-cepat menginjak usia 30 tahun. Dengan wajah saya sekarang, sangat terbatas peran yang bisa saya lakukan. Saya akan berpikir seperti itu karena ketika saya tumbuh dewasa, ruang lingkup akan meluas. Tapi sekarang saya punya pikiran bahwa jika saya tidak bisa menua dengan baik, saya mungkin berubah menjadi seorang aktor yang tidak penting. Sekarang saya masih muda, rupawan, tidak keriput, jadi saya memiliki image ‘pretty boy’, tapi ketika saya tua dan akting saya sangat tidak baik, saya mungkin hanya akan dilupakan.

T: Apa tujuan Anda sebagai seorang aktor?

J: Ketika Anda menyebutkan nama saya kepada siapapun, mereka akan mengatakan “Orang itu. Dia aktor, bukan?”. Saya akan sangat senang jika mereka memiliki pikiran seperti itu. Ada aktor yang seperti itu, yang selama orang itu masih tampil, orang akan ingin melihatnya. Saya ingin menjadi seorang aktor seperti itu. Saya juga sering mengatakan pada fans saya “Oppa tidak akan cari masalah.”

T: Anda adalah seorang aktor yang memiliki hak yang cukup untuk menerima cinta dari para penggemar.

J: Setiap pagi, saya akan melakukan pencarian dengan nama saya. Saya akan sangat senang jika tidak ada artikel tentang saya pada hari itu. Jika itu adalah sebuah artikel tentang karya saya, tidak apa-apa, tapi saya benar-benar benci jika ada sebuah artikel tentang kehidupan pribadi saya. Setelah datang ke Hawaii, saya mengupload beberapa gambar di Instagram. Saya tidak mengambil gambar latar belakang, tapi fans tahu di mana itu. Saya melihat artis lainnya akan mengupload foto-foto syuting mereka di luar negeri. Tapi saya tidak suka mendengar hal-hal seperti “Anda bisa mendapatkan uang saat melakukan pemotretan di luar negeri, itu benar-benar baik.” Jadi saya tidak menguploadnya.

T: Sekarang Anda tidak harus banyak bereaksi terhadap perkataan semacam itu lagi?

J: Saya akan terluka, tapi saya akan melupakannya dengan cepat. Tapi saya benar-benar benci kata-kata yang tak beralasan. Dalam kenyataannya, sebisa mungkin, saya tidak ingin diperhatikan, dan hanya ingin berakting. Akan lebih baik bagi saya jika saya hanya perlu sesekali menunjukkan wajah saya kepada fans tetapi tidak menjadi berita. Saya seorang aktor tapi saya benci dengan perhatian pada saya, saya menggunakan Instagram tapi saya benci hal-hal yang saya posting menjadi berita. Saya memikirkan hal ini dan merasa bahwa saya penuh kontradiksi.

Komentar Anda