Hal-hal Menarik di Sepanjang Perjalanan Sejarah Portugal

Nama Portugal pertama kali muncul di tahun 868, selama masa Reconquista atas kaum Muslimin. Reconquista adalah suatu periode sejarah yang terjadi di Spanyol dan Portugal di mana negara-negara Kristen berusaha merebut kembali wilayah yang dikuasai kaum Muslimin (bangsa Moor), yang telah menduduki sebagian besar wilayah Semenanjung Iberia sejak awal abad ke-8.

Portugal

Sebuah bangsa baru didirikan di sekitar kota Porto, yang menjadi asal usul nama Portugal. Berikut beberapa fakta menarik dalam sejarah Portugal (Portugis).

Kerajaan Portugal bertahan selama hampir 800 tahun, dari tahun 1139 hingga tahun 1910. Sejak tahun 1910, negara ini telah menjadi republik. Republik modern didirikan pada tahun 1976.

Aliansi Anglo-Portugal ditandatangani pada tahun 1373, yang sampai sekarang masih menjadi aliansi tertua di dunia dan masih diimplementasikan.

Seorang bajak laut Portugal bernama Bartolomeu Português menemukan undang-undang bajak laut pertama di abad ke-17.

Portugal adalah salah satu negara kolonial awal Eropa. Ini dimulai dari Ceuta (1410), Madeira (1419), Azores (1439), dan akhirnya mendirikan pos perdagangan di pantai Afrika pada akhir abad ke-15. Pada tahun 1498, Vasco da Gama tiba di India. Pada tahun 1500, saat bepergian ke India  Pedro Álvares Cabral tiba di Brazil dan mengklaimnya untuk Portugal.

Kaisar Portugal berkuasa atas Brasil, Goa, Daman, Diu, Kochi, Cape Verde, Guinea-Bissau, Sao Tome dan Principe, Mozambik, Angola, Makau, dan Malaka. Pada tahun 1975, sebagian besar koloni di Afrika dilepas dan pada tahun 1999, Macau, yang merupakan koloni terbesar Portugal, diberikan ke China.

Sejarah bendera nasional Portugal dapat ditelusuri hingga ke tahun 1095. Bendera ini telah berkembang dari sebuah perisai yang digunakan oleh Henry dari Burgundy, Pangeran Portugal saat itu, hingga persegi panjang dua warna yang digunakan saat ini.

Pada tahun 1709, seorang pendeta Yesuit bernama Bartolomeu de Gusmão memproduksi salah satu kapal udara pertama di dunia, dan ia meminta banyak bantuan pada Raja John V. Portugal berada di ambang perubahan sejarah; negara ini tidak pernah melarang Bartolomeu untuk maju dengan penelitiannya. Namun kenyataannya, Bartolomeu dianiaya karena hal itu.

Pada 1 November 1755 (Hari Raya Semua Orang Kudus), Lisbon dihantam oleh salah satu gempa paling kuat dalam sejarah Eropa. Besarnya gempa diperkirakan mencapai 9 skala Richter. Seluruh negeri hancur oleh gempa, tsunami, dan kebakaran. 85% dari bangunan hancur, termasuk istana dan gereja terkenal. Tidak kurang dari 90.000 orang tewas. Selain itu, perpustakaan kerajaan dengan 70.000 buku dan catatan rinci navigator seperti Vasco da Gama juga hancur.

Pada tahun 1761, Portugal adalah penguasa kolonial pertama yang menyingkirkan perbudakan; momen itu terjadi setengah abad sebelum Spanyol, Perancis, Amerika Serikat, atau Inggris melakukannya.

Pada tanggal 12 Maret 1488, penjelajah Bartolomeu Dias menemukan bidang tanah dan menamainya Cabo das Tormentas yang berarti Tanjung Badai. John II dari Portugal kemudian menamainya ke Cape of Good Hope karena daerah ini membawa harapan dengan membuka rute laut ke India dan Timur.

Komentar Anda