9 Langkah Mendapatkan Banyak Like pada Gambar Instagram

Salah satu layanan jejaring sosial terpopuler di dunia, Instagram, didasarkan pada ide untuk berbagi foto secara langsung. Semakin banyak pengikut dan like (suka) yang Anda miliki, semakin besar visibilitas postingan Anda. Tapi bagaimana caranya untuk mendapatkan lebih banyak like pada gambar Anda? Berikut kami hadirkan langkah-langkah cerdasnya.

Instagram

#1 Follow Teman Anda

Cukup jelas, tapi masih sering diabaikan. Follow atau ikuti teman Anda di Instagram dan mereka kemungkinan besar akan memfollow back Anda dan menyukai gambar Anda. Selain itu, mereka akan melihat semua postingan terbaru Anda. Anda juga harus mengelike dan mengomentari gambar orang lain. Ini akan membuat mereka menyukai atau mengomentari balik foto Anda.

#2 Hubungkan dengan Facebook

Dengan menghubungkan akun Instagram Anda dengan Facebook, Anda bisa mendapatkan follower dan like dari Facebook juga. Melakukan hal ini akan membantu Anda memposting gambar di Facebook secara otomatis melalui Instagram. Cara ini bisa dilakukan sejak Facebook membeli Instagram seharga 1 miliar dolar beberapa tahun lalu. Cara ini juga memungkinkan Anda untuk memfollow semua teman hanya dalam hitungan detik.

#3 Pasang gambar yang relevan dan mengagumkan

Memposting foto yang sama dengan tema yang sama bisa sedikit membosankan setelah beberapa saat. Bereksperimenlah dengan tema. Banyak akun populer mengandung beberapa tema atau tema lainnya di masing-masing fotonya. Ubah angle dan subyek Anda. Misalnya, jika Anda suka bepergian, posting beberapa gambar tempat yang Anda kunjungi dan masakan otentik yang Anda temui. Atau jika Anda adalah seorang perancang busana, cobalah posting foto tentang seluk beluk industri fashion. Pastikan pencahayaannya baik. Jenis terbaik pencahayaan adalah sinar matahari alami. Ini akan memastikan kualitas yang baik untuk foto Anda. Juga, jangan memposting terlalu banyak gambar sekaligus.

#4 Hadirkan cerita Anda dengan Caption/Keterangan

Misalnya Anda menemukan sebuah gambar unik, haruskah Anda mempostingnya langsung? Tunggu dulu, jangan buru-buru mempostingnya. Caption adalah bagian yang sangat penting dari foto Anda. Caption harus menceritakan kisah dan konteks di balik foto Anda. Seperti yang dikatakan orang, “Sebuah gambar bernilai seribu kata.” Biarkan foto Anda berbicara untuk Anda. Anda tentu tidak ingin orang-orang terus menebak-nebak dan akhirnya bosan, bukan? Sebuah foto bagus bersama dengan caption yang tepat adalah rekomendasi terbaik. Perpaduan keduanya akan membuat teman-teman Anda semakin tertarik dan membuat mereka menginginkan lebih.

#5 Hashtag!

Yang paling penting dari semuanya adalah hashtag. Hashtag adalah cara utama untuk mendapatkan lebih banyak perhatian dan like pada foto Anda. Setiap kali Anda menambahkan gambar, pastikan bahwa Anda menambahkan hashtag, sehingga Anda mendapatkan lebih banyak like. Menggunakan hashtag juga akan membantu foto Anda menjangkau orang lain di luar follower Anda sendiri. Namun, jangan terlalu ‘mabuk hashtag’. Tentu Anda tak ingin terlihat seperti sudah putus asa untuk mendapatkan like, bukan? Bagi Anda yang tidak suka memakai hashtag, Anda tetap dapat mengirim gambar-gambar Anda, asalkan konten Anda bagus dan unik, dan akan menarik perhatian orang lain. Beberapa hashtag paling populer yang pasti akan membawakan Anda lebih banyak like adalah:

#instagood #me #cute #throwbackthursday #happy

#instamood #picoftheday #iphonesia #summer #tweegram

#beautiful #bestoftheday #followme #igers #instadaily

#photooftheday #love #iphoneonly #instagramhub #jj

Targetkan hashtag Anda sesuai dengan gambar Anda. Hashtag yang paling populer saat ini adalah #nofilter. Anda 10% lebih mungkin mendapatkan like dengan hashtag ini. Hindari menggunakan #drunk. Studi menunjukkan bahwa hashtag ini dapat menurunkan like Anda sebesar 40%. Juga, jangan lupa untuk menambahkan #selfie dan #me bersama dengan hashtag lain jika postingan Anda adalah selfie.

Anda juga dapat menggunakan geotagging di sini, yaitu, penandaan lokasi geografis. New York adalah kota yang paling banyak digeotag di dunia. Anda dapat menandai semua tempat, restoran, peristiwa, landmark, dll. Cara ini tentu saja akan menarik lebih banyak like dan follower.

#6 Filter

Menggunakan jenis filter yang tepat untuk foto Anda akan membantu mendapatkan lebih banyak like dan follower, dan untuk itu, foto Anda akan harus menarik secara visual. Aplikasi menakjubkan ini sudah mencakup 20 filter yang dapat Anda lihat saat mengunggah foto-foto Anda. Filter-filter yang paling populer adalah:

Amaro, Mayfair, Rise, Hudson, Valencia, X-Pro, Sierra, Willow, Lo-Fi, Earlybird, Normal, Brannan, Toaster, Inkwell, Walden, Hefe, Nashville, Kelvin

Pilih filter yang tepat dan lihatlah berapa like yang akan muncul di layar Anda. Jangan takut untuk bereksperimen di sini. Namun jika Anda bingung, jangan gunakan filter apapun karena tidak ada filter terbaik. Juga, jangan terlalu banyak mengeditnya.

#7 Ambil lebih banyak selfie

Apakah Anda tahu bahwa selfie menguasai dunia Instagram? Studi menunjukkan bahwa foto-foto yang menunjukkan wajah 38% lebih mungkin untuk mendapatkan like dibandingkan dengan yang tanpa wajah. Kuasai angle Anda dan pilih angle yang menjadikan ciri khas Anda paling menonjol. Namun, batasi diri Anda dengan selfie. Memposting satu-dua foto setiap hari tidaklah masalah.

#8 Jadwal postingan Anda

Ya, waktu adalah segalanya di sini. Katakanlah Anda mengirim foto bagus di tengah malam. Berapa banyak orang benar-benar akan terjaga untuk melihatnya? Cukup sulit bagi Anda untuk mendapatkan banyak like meskipun gambar Anda sangat bagus. Menurut penelitian, waktu paling populer di mana orang memeriksa Instagram adalah pagi hari dan malam hari. Ketahuilah, sebuah foto akan tetap aktif selama sekitar 3 – 4 jam setelah diposting.

#9 Buat kolase

Menggabungkan dua sampai empat gambar bersama-sama dengan kolase (collage) akan mendorong lebih banyak like. Kolase selalu menarik dan menyenangkan. Ada banyak ruang kreativitas di dalamnya. Anda juga dapat menggunakan berbagai aplikasi untuk mengedit gambar Anda. Selain itu, kolase dapat menceritakan sebuah kisah dalam satu gambar ketimbang memposting tiga sampai empat gambar sekaligus.

Komentar Anda