Informasi dan Fakta Lengkap Tentang Anjing Basenji

Basenji awalnya dikembangkan di Afrika untuk tujuan berburu. Basenji adalah anjing sighthound yang berburu hanya dengan mengandalkan penglihatan saja. Ia memiliki naluri berburu yang sangat kuat yang memicunya untuk mengejar apapun; ia bahkan suka mengejar mobil. Basenji terkenal karena tidak menggonggong, namun ia bisa mengeluarkan suara ‘yodel’ yang melengking ketika sedang bergembira atau berburu.

Basenji

Karakter

Basenji dapat sedikit menyendiri di sekitar orang asing yang membuatnya menjadi peranakan yang sangat waspada. Anjing ini sangat cerdas namun di saat yang sama juga independen, sehingga melatihnya tidak terlalu susah. Basenji sangat waspada, ribut, dan suka bermain sehingga ia bisa dijadikan hewan peliharaan keluarga yang baik. Ras ini cinta dengan alam bebas dan suka bermain di areal terbuka.

Perangai

Basenji adalah jenis anjing yang penuh waspada dan menyenangkan, namun tidak dianjurkan untuk dipelihara oleh pemilik anjing yang kurang berpengalaman. Peranakan ini memiliki kecenderungan untuk menjadi destruktif jika ditinggalkan dalam jangka waktu yang lama. Oleh karenanya, pelatihan dan pengurungan yang tepat akan bisa mengatasi masalah ini. Basenji bisa sangat sabar dan baik dengan anak-anak, namun harus diajak bersosialisasi lebih awal untuk mencegah kecenderungan bertarung dengan anjing lain.

Perawatan

Basenji seperti kucing; cinta kebersihan dan suka merawat dirinya sendiri saat ada kesempatan. Basenji sedikit merontokkan bulunya, bahkan terkadang tidak sama sekali, namun ia memerlukan sejumlah perawatan jika pemilik ingin lapisan bulu anjingnya tetap dalam kondisi baik. Menyikat sesekali dengan bulu sikat yang kuat sangat tepat untuk menghilangkan bulu mati atau yang terlepas. Lapisan bulu Basenji yang halus sangat mudah untuk dirawat.

Lapisan bulu

Basenji memiliki lapisan bulu yang sangat pendek yang tidak memerlukan banyak perawatan. Rambut anjing ini harus pendek, bersih, dan agak kasar. Rambut tidak boleh terlalu kasar atau terlalu halus. Basenji cenderung suka membersihkan dirinya sehingga lapisan bulunya sangat mudah untuk dirawat dan relatif bersih. Peranakan ini hampir tidak memiliki bau khas anjing dan sangat sedikit merontokkan bulunya.

Pelatihan

Basenji harus disosialisasikan lebih awal untuk mencegah perilaku destruktif jika ia hendak dibesarkan di rumah, serta untuk memastikan bahwa ia bisa menjadi pendamping yang baik bagi anak-anak dan hewan lainnya. Pelatihan ketaatan adalah suatu keharusan bagi peranakan energik ini. Basenji harus diberi berbagai metode pelatihan untuk menjaga perhatiannya, karena ia cenderung cepat bosan. Variasi, konsistensi, dan ketegasan harus diterapkan padanya.

Aktivitas

Basenji yang energik membutuhkan cukup olahraga. Jalan-jalan harian diperlukan karena jenis ini memiliki banyak energi dan tak kenal lelah karena ia pada dasarnya adalah anjing pemburu. Basenji cocok dibiarkan berkeliaran di halaman berpagar. Namun, pagar harus ditanam dalam-dalam ke dalam tanah dan dibuat agak tinggi untuk mencegah Basenji kabur karena anjing ini juga dikenal karena keahliannya dalam melarikan diri.

Komentar Anda