Drama Korea Producer Dijual ke China Lebih dari 31 Milyar

Hak siar drama Korea mendatang, Producer, yang dibintangi aktor Kim Soo-hyun, telah dijual ke platform online China dengan total harga lebih dari 2,4 juta dolar (sekitar 31 milyar rupiah), menurut laporan, Senin. Seorang anggota staf Producer menolak untuk mengungkapkan jumlah kontrak yang spesifik karena adanya perjanjian hukum, namun ia mengatakan bahwa setiap episode telah “pasti” terjual dengan bandrol lebih dari 200.000 dolar AS.

Producer

Producer yang rencananya ditayangkan dalam 12 episode ini adalah sebuah serial drama tentang seorang produser program TV. Ini adalah peran pertama yang dimainkan Kim Soo-hyun sejak ia meraih sukses besar bersama Jun Ji-hyun dalam serial My Love from the Star tahun lalu.

Sejauh ini, kontrak paling mahal untuk sebuah drama Korea di China masih dipegang Pinocchio, serial romantis tentang kehidupan wartawan yang selesai awal tahun ini. Setiap episode Pinocchio dilaporkan dijual seharga 280.000 dolar AS, dengan total bandrol 5,6 juta dolar AS untuk keseluruhan drama.

Namun, baru-baru ini China telah memberlakukan aturan ketat mengenai penjualan konten asing secara online, yang telah menyebabkan penurunan tajam dalam hal penjualan.

Konten asing tidak boleh mencapai lebih dari 30 persen dari total pendapatan situs China dan sekarang harus mendapatkan persetujuan resmi dari lembaga resmi pemerintah. Drama Korea lainnya, Hyde, Jekyll, Me, yang selesai pada bulan Maret lalu, dikabarkan telah terjual seharga 300,000 dolar AS per episode ke sebuah platform online China, tapi akhirnya turun menjadi sebesar 100.000 dolar AS per episode sebagai akibat dari peraturan baru itu, yang disahkan November lalu.

Kontrak dengan Producer yang harganya mencapai lebih dari dua kali lipat ini disebabkan oleh popularitas besar Kim di China dan luar negeri.

“Pebisnis China sangat antusias dengan fakta bahwa Producer adalah proyek terbaru dari penulis skenario Park Ji-eun, yang sebelumnya menulis My Love from the Star,” kata salah seorang staf yang mengerjakan drama Producer. Drama laris My Love from the Star, yang dibintangi Kim dan Jun Ji-hyun, menuai sukses besar di Korea dan luar negeri.

Beberapa minggu sebelum Producer mulai ditayangkan di Korea, drama ini telah mendapat perhatian luar negeri -dan bukan hanya dari China. Poster Producer dipamerkan selama Festival Film Cannes bulan lalu di gedung Palais Des Festival dan juga di pasar konten global dan forum MIPTV Media Market. Tim produksi di balik drama ini sedang dalam pembicaraan untuk mengekspor Producer ke negara-negara Asia lainnya dan Amerika Utara.

Agensi hiburan Korea-China, Ready China, mengatakan bahwa orang dalam industri sedang mengawasi respon masyarakat China terhadap drama ini, yang mulai ditayangkan di Korea pada hari Jumat.

“Jika (Kim) mencapai sukses lebih besar (dengan serial drama ini), kami akan menyiapkan pijakan yang aman di China bagi bintang-bintang Hallyu yang sukses untuk melompat (ke pasar),” kata CEO Bae Gyeong-ryeol.

Komentar Anda